Pelatihan VSGA Kemenkominfo di Untidar Magelang, Prof Dr Suyitno: Semua Hal di Dunia Sudah Digital

Pelatihan VSGA Kemenkominfo di Untidar Magelang, Prof Dr Suyitno: Semua Hal di Dunia Sudah Digital

PELATIHAN. Mahasiswa Untidari mengikuti pelatihan VSGA yang diadakan Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi.-Heni Agusningtiyas-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Prof Dr Suyitno mengemukakan, saat ini hampir semua hal di dunia sudah dilakukan secara digital, dan Indonesia banyak ketinggalan.

Ia mencontohkan, berbagai jenis pembayaran sudah tidak bisa lagi dilakukan dengan uang tunai, dan hanya bisa dilakukan secara digital.

Bahkan sekarang memilih menu di restoran saja sudah dilakukan dengan cara digital.

"Jika kita tidak bisa mengejar ketertinggalan itu, maka pada akhirnya kita hanya akan menjadi buruh bagi bangsa asing," ungkap Prof Suyitno kepada peserta pelatihan Vocational School Graduate Academy (VSGA) di Untidar, Sabtu, 19 Mei 2023 lalu.

BACA JUGA:7.879 Calon Mahasiswa Ikuti UTBK di Untidar Magelang

Pelatihan VSGA diselenggarakan oleh Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam pengembangan sumber daya manusia bidang digital.

VSGA sendiri merupakan salah satu akademi yang menjadi bagian program unggulan Digital Talent Scholarship (DTS).

VSGA ditujukan untuk menyiapkan keterampilan vokasional angkatan kerja muda.

VSGA yang dilakukan di Untidar sejak 15-19 Mei 2023 ini diikuti oleh 66 peserta. 33 peserta mengambil skema Operator Komputer Madya (OKM), dan 33 peserta lainnya mengambil Junior Graphic Designer (JGD).

Dari 66 peserta secara keseluruhan, 54 di antaranya merupakan mahasiswa Untidar, sedangkan sisanya adalah masyarakat umum dan mahasiswa perguruan tinggi lain di Jateng dan DIY.

BACA JUGA: Pemetaan Kompetensi, Tendik Untidar Magelang Ikuti Asesmen

Prof Suyitno berharap khususnya kepada mahasiswa Untidar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Yogykarta, Dr Christiany Juditha mengapresiasi semangat mahasiswa Untidar dalam mengikuti pelatihan.

Dr Christiany Juditha juga menjelaskan bahwa peserta pada akhir masa pelatihan akan mengikuti uji kompetensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres