Ingin Dapat Pahala Umrah dan Haji Sempurna? Kerjakan Amalan Ini!

Ingin Dapat Pahala Umrah dan Haji Sempurna? Kerjakan Amalan Ini!

Amalan agar Pahala Umrah dan Haji Bisa Sempurna--

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Ingin mendapatkan pahala haji dan umrah sempurna tanpa harus berangkat ke Tanah Suci? Rasulullah Shalallahu alaihi Wasallam mencontohkan amalan yang bila dikerjakan maka seseorang bisa meraih pahala haji dan umrah sempurna.

Lalu apa amalan yang dicontohkan Rasulullah itu?

1. Mengerjakan shalat shubuh dengan berjamaah di masjid

2. Berdiam diri di masjid hingga matahari terbit

3. Kemudian melaksanakan shalat sunnah 2 rakaat

Dalilnya, dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan shalat shubuh dengan berjama’ah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna.”

Hadits selanjutnya, dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.”

Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna."

BACA JUGA:3 Golongan yang Hajinya Bisa Diwakilkan, Pertama Orang yang Sudah Meninggal Dunia

Shalat sunnah dua rakaat setelah matahari terbit, ada yang menyebut sebagai shalat isyroq namun ada yang menyebut shalat dhuha dan ada pula yang menyebut shalat syuruq.

Namun gerakan dan bacaannya sama dengan shalat-shalat lainnya.

Berdasarkan hadits-hadits yang telah dikemukakan, shalat sunnah dua rakaat disyariatkan bagi orang yang melaksanakan shalat jamaah shubuh di masjid lalu ia berdiam untuk berdzikir hingga matahari terbit, lalu melaksanakan shalat dua rakaat tersebut.

BACA JUGA:Bolehkah Wanita Berhaji Tanpa Mahram? Simak Penjelasan Para Ulama!

Ketika berdiam di masjid dianjurkan untuk berdzikir. Dzikir di sini bentuknya umum, bisa dengan membaca Al Qur’an,membaca dzikir, atau lebih khusus lagi membaca dzikir pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: