Pedagang Alun-alun Berharap Pemkot Magelang Fasilitasi Parkir Bus Pariwisata

Pedagang Alun-alun Berharap Pemkot Magelang Fasilitasi Parkir Bus Pariwisata

Tempat parkir roda empat di kawasan Alun-alun Kota Magelang yang kurang representatif, sehingga seringkali penuh ketika akhir pekan.-FOTO : WIWID ARIF/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID Kuliner Tuin Van Java (TVJ) yang terletak di Alun-alun Kota Magelang merupakan salah satu spot pariwisata andalan, baik wisata keluarga maupun wisata kuliner.

Seringkali kawasan seputaran Alun-alun mendadak padat kendaraan saat akhir pekan. Masyarakat dalam dan luar Kota Magelang biasa menghabiskan waktu di akhir pekan dengan mendatangi jantung kota tersebut.

Saking banyaknya warga yang datang, tak jarang akses seputaran kawasan Alun-alun dipadati kendaraan. Sayangnya, kondisi ini tidak disertai dengan fasilitas tempat parkir yang memadai terutama kendaraan roda empat dan bus pariwisata.

BACA JUGA:Hiburan Baru di Alun-alun Kota Magelang, Ada Tarian Pengiring Dancing Fountain

"Sering bus pariwisata yang lewat Alun-alun tidak jadi berhenti karena memang tidak ada lokasi parkir yang representatif. Biasanya mereka (bus pariwisata) datang dari Gunung Tidar maupun Candi Borobudur dan sengaja ingin berwisata ke Alun-alun," kata salah satu pedagang Tuin Van Java Alun-alun Kota Magelang, Sugiarto, Rabu 7 Juni 2023.

Dia berharap nantinya ada fasilitas parkir yang representatif untuk menampung kendaraan roda empat maupun bus pariwisata.

"Tidak hanya bus, tapi juga kendaraan roda empat, hanya muter-muter saja terus tidak jadi berhenti karena parkir penuh,” ungkapnya.

BACA JUGA:Magelang Kota Budaya! Ini Strategi Dongkrak Wisatawan dari Kebudayaan yang Melimpah di Magelang

Menurutnya, kawasan Alun-alun adalah salah satu destinasi wisata gratis. Dengan begitu, fasilitas sarana dan prasarana hingga akomodasi mestinya diberikan dengan baik untuk mendongkrak angka wisatawan di Kota Magelang.

“Kalau ada lahan parkir yang memadai kan Alun-alun bisa ramai, wisatawan dari luar pun menjadi nyaman untuk jalan-jalan di sini,” lanjutnya.

BACA JUGA:Sektor Investasi Paling Menguntungkan di TKL Ecopark Magelang

Sugiarto juga mengaku bahwa pada saat libur akhir pekan, banyak kendaraan roda empat yang tidak bisa menggunakan lahan parkir karena kapasitas yang terbatas.

Terlebih lagi, area Alun-alun Kota Magelang merupakan pusat kawasan yang digunakan untuk bisnis jasa, perdagangan, dan hiburan.

“Karena kalau parkiran penuh otomatis pengunjung tidak jadi ke sini (Alun-alun). Padahal potensinya besar,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres