Magelang Bakal Terapkan Parkir Elektronik, Begini Cara Bayarnya!

Magelang Bakal Terapkan Parkir Elektronik, Begini Cara Bayarnya!

Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang, Candra Wijatmiko Adi saat memberikan keterangan kepada awak media.-FOTO : LARASATI PUTRI-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang berencana membuat pilot project electronic parking (e-parking) di kawasan Alun-alun Kota Magelang dan Pecinan Jalan Pemuda.

Kepala Dishub Kota Magelang, Candra Wijatmiko Adi mengatakan, wacana tersebut akan direalisasikan pada tahun 2023 ini.

“Rencanya tahun ini kami akan buat e-parking sebagai pilot project,” kata Candra, saat dihubungi, Minggu 11 Juni 2023.

Pilot project sendiri merupakan proyek percontohan untuk menguji efektivitas dan kelayakan. Jadi rencana ini masih dalam tahapan sangat awal, sebelum nantinya akan diterapkan di semua titik di Kota Magelang.

BACA JUGA:Ada Rencana Pembangunan Basement Parkir di Alun-alun, Ini Tanggapan Petugas Parkir

Candra menjelaskan bahwa implementasi pilot project rencana e-parking, pihaknya akan menentukan subjek parkir. Nantinya, penggunaan sistem parkir di Pecinan dan Alun-alun akan dilakukan secara otomatis.

Para pengguna parkir nantinya tidak diperbolehkan membayar secara tunai. Melainkan menggunakan kartu khusus berupa e-money.

"Sistem pembayaran nanti bersifat digital atau QRIS untuk setiap pengguna jasa lahan parkir di Kota Magelang. Tentu via pembayarannya menggunakan kartu khusus," ujarnya.

BACA JUGA:MEMPRIHATINKAN! Kondisi Terkini Pedagang Ngesengan Magelang

Terkait rencana itu, kata Candra, Dinas Perhubungan Kota Magelang telah melakukan beberapa kajian dan diskusi publik. Termasuk wacana memberikan pelatihan khusus kepada para petugas parkir.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan beberapa pihak. Semuanya sudah oke. Juru parkir juga akan mulai diberi pelatihan (penggunaan e-parking)," terangnya.

Nantinya, hasil diskusi berikut kajian keilmuan tentang penerapan e-parkir akan disosialisasikan kepada masyarakat.

BACA JUGA:SI MONALISA : Melalui Aplikasi Ini Alumni Program Pelatihan di Kota Magelang Terdata Rapi

Dia berharap, para juru parkir yang telah mendapat pelatihan juga nantinya dapat meneruskan kepada pengguna parkir di dua kawasan tersebut secara bertahap.

“Kalau sekarang belum bisa 100 persen sehingga mulai step by step dan bertahap. Kemungkinan tahun 2025 mendatang, masyarakat kita sudah familiar dengan e-parking," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres