Implementasikan Kurikulum Merdeka, Ini yang Dilakukan SDN di Mertoyudan Magelang

Implementasikan Kurikulum Merdeka, Ini yang Dilakukan SDN di Mertoyudan Magelang

GELAR KARYA. Kegiatan Implementasi Kurikulum Merdeka, SD Negeri Sukorejo 3 Mertoyudan Magelang, gelar Pentas Seni, Gelar Karya dan Market Day, dalam Program Proyek Penguatan Profil Pilar Pancasila (P5).--MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - SD Negeri Sukorejo 3 Mertoyudan Magelang, gelar kegiatan Implementasi Kurikulum Merdeka, Pentas Seni, Gelar Karya dan Market Day, dalam Program Proyek Penguatan Profil Pilar Pancasila (P5).

Kegiatan dilaksanakan bertempat di halaman SD Negeri Sukorejo 3 Mertoyudan, Sabtu (17/6/2023), dengan dihadiri oleh Camat Mertoyudan dan unsur lainnya.

Kepala Sekolah sekaligus pembina proyek P5, Sri Latifa Lasara, S.Pd.SD., MM.Pd, mengatakan, dalam proyek tersebut, sudah dimulai sejak satu tahun lalu, dan pada event Pentas Seni, Gelar Karya dan Market Day ini merupakan hasil dari pelaksanaan proyek tersebut.

"Pada proyek ini diambil dua kategori, yaitu produk kuliner serta kerajinan, dan yang kedua adalah kebudayaan dalam hal ini adalah tarian lokal.

Kesemuanya telah dipersiapkan dalam kurun waktu satu tahun ini, yang mana anak didik diajari secara langsung dalam 16 kali pertemuan, untuk membuat produk kuliner, seperti Gethuk, Telur Asin, Kripik. Untuk kerajinan gelang, tusuk es krim dan sebagainya. Sedangkan untuk tarian, mengambil Tari Jatilan dan Gedruk," ucap Sri Latifa.

Sri Latifa mengatakan, dalam pelaksanaan Program Proyek Penguatan Profil Pilar Pancasila (P5). Telah dimulai dari kelas 1 dan 4, tahun 2023, tahun selanjutnya kelas 2 dan 5, serta kelas 3 dan 6 tahun 2025.

"Dengan melaksanakan proyek tersebut, maka anak didik menjadi berkarakter enam dimensi profil pelajar Pancasila yaitu Beriman Bertakwa Kepada Tuhan YME, Mandiri, Gotong Royong, Kreatif, Inovatif dan Globalisasi.

Implementasinya anak didik diajari menjadi wirausaha sejak dini, dan melestarikan kesenian tradisional sesuai dengan tema kearifan lokal," papar Sri Latifa.

Pembina Proyek P5 Kelas 4, SD Negeri Sukorejo 3, Dian S Prasetya, S.Pd, mengatakan, dalam Pentas Seni, Gelar Karya dan Market Day, pada event tersebut hasil pelatihan proyek tersebut ditampilkan serta produknya dijual.

"Dengan adanya Gelar Karya ini, merupakan Goal atau tujuan dari Proyek Penguatan Profil Pilar Pancasila (P5), dimana produk yang dihasilkan sudah mempunyai nilai jual dan anak didik praktek langsung menjadi wirausaha sejak dini.

Untuk tarian juga dipentaskan langsung, baik penari maupun penabuh Gamelan adalah siswa, yang tentunya memilih kesenian sesuai dengan kearifan lokal Desa Sukorejo," jelas Dian S Prasetya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres