Kontes Domba Wonosobo Kelas A, Potensi Harga Melejit

Kontes Domba Wonosobo Kelas A, Potensi Harga Melejit

KONTES. Suasana kontes dombos di komplek Dispaperkan pada event Wonosobo Agro Festival tahun 2023, Sabtu (24/6).-mukarom mohammad/wonosobo ekspres-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID  - Domba Texel atau yang familiar disebut domba Wonosobo (dombos) sudah jadi tren kontes tahunan Dispaperkan, Sabtu (24/06/2023). Dombos kontes kelas A miliki nilai ekonomi fantastis.

Pemenang dombos jantan kelas A diraih oleh Wilda dari Pagerejo Kertek sebagai juara pertama. Kemudian Elfata dari Krasak Mojotengah sebagai juara kedua, dan yang ketiga Tosan dari Sambek Wonosobo.

Sementara juara pertama kategori betina diraih oleh Ribut dari Purwojiwo Kalikajar. Kemudian juara dua yaitu Pasyanto dari Garung Kalikajar, dan ketiga oleh Orlando dari Bugangan Wonosobo.

Ketua Paguyuban Peternak Domba Wonosobo, Fajri mengatakan kriteria penilaian kontes dombos meliputi jenis dan kelebatan bulu, diameter lingkaran tubuh domba, bentuk dan ukuran kepala, hingga berat badannya.

BACA JUGA:3 Desa di Wonosobo Jadi Pelopor Satkamling, Cek Daftarnya

"Biasanya, dombos kelas A yang juara bisa mempengaruhi harga. Tahun lalu, dombos milik pemenangnya ditawar sampai Rp 200 juta," ungkapnya.

Dombos kelas A adalah ternakan domba berusia lebih dari 4 tahun. Pada event yang diselenggarakan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (Dispaperkan) Wonosobo diikuti hingga ratusan peserta kelas A.

"Kalau keseluruhan peserta ada sekitar 300 lebih, untuk yang khusus kelas A berkisar di jumlah 100 hingga 200 ekor dombos. Tapi kita masih buka pendaftaran sampai jam 1 siang," kata Fajri kemarin.

Fajri mengatakan, kontes tersebut tidak hanya sebagai ajang perlombaan. Tapi juga sebagai sarana edukasi bagi peternak. Terlebih, untuk mengekspos domba khas Wonosobo.

BACA JUGA:Tak Kapok! Seorang Janda Anak Satu Mencuri Lagi di Wonosobo

Disebutkan, populasi dombos di Wonosobo saat ini sudah sebanyak 8.000 ekor. Ditargetkan, tahun berikutnya tembus sampai 12.000 ekor dombos.

"Sementara yang tercatat di paguyuban 8.000 dombos di Wonosobo. Semoga di tahun selanjutnya populasinya menambah bahkan kalau bisa sampai 12.000 ekor dombos," katanya. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres