116 Warga Lolos Screening Operasi Katarak Gratis di Kodim 0705/Magelang

116 Warga Lolos Screening Operasi Katarak Gratis di Kodim 0705/Magelang

PEMERIKSAAN. Dokter mata melakukan cek kesehatan kepada salah satu peserta pendaftar operasi katarak, Rabu, 16 Agustus 2023.-Istimewa-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sebanyak 180 orang mengikuti screening operasi katarak di Kodim 0705/Magelang, Rabu, 16 agustus 2023. Dari jumlah tersebut sebanyak 116 orang dinyatakan lolos

Pemeriksaan mata secara serentak dan dilakukan dengan gratis kepada warga masyarakat prasejahtera baik Kota maupun Kabupaten Magelang.

Pemeriksaan dilakukan oleh dokter dari MNC Securitas dan dibantu petugas kesehatan baik dari Dinas Kesehatan Kota maupun Kabupaten Magelang.

Dr Elvi selaku CEO ANV (A New Vision) dari MNC Securitas menerangkan, untuk urutan pemeriksaan katarak dimulai dari kedatangan lanjut ke pengambilan data absensi. Setelah itu ke pendaftaran dilanjutkan screening, di antaranya cek tensi, gula darah dan pemeriksaan mata.

BACA JUGA:IAI komisariat Magelang Adakan Sosialisasi Profesi Akuntansi di SMKN 2 Magelang

"Bagi pasien yang betul-betul terkena gejala katarak, akan dilakukan operasi pada besok hari Kamis dan Jumat tanggal 17 dan 18 Agustus di RST Dr Soedjono Magelang," ujarnya.

Dandim Magelang Letkol Inf Jarot Susanto menyampaikan, kegiatan yang mengambil tema "Bakti Sosial Operasi Katarak Berkualitas Tinggi Untuk Masyarakat Prasejahtera" ini dilakukan dalam rangka merayakan reuni alumni Akmil 1993 (Tidar Setia '93). Tujuannya untuk membantu memberikan peningkatan kesehatan kepada warga masyarakat di wilayah Magelang.

Menurutnya, kegiatan baksos dari Alumni Akmil 1993 ini merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap warga prasejahtera di wilayah Magelang. Dan dalam pelaksanaan pemeriksaan screening dan operasi katarak masyarakat didampingi oleh Babinsa setempat.

"Harapannya kegiatan ini dapat membantu percepatan mencegah kebutaan akibat katarak, dan tidak semua orang mendapat akses/fasilitas kesehatan karena kondisi ekonomi dan biaya operasi," ungkap Dandim saat didampingi Pasiter Kapten Kav Sriyanto.

BACA JUGA:Anniversary ke-11, Grand Artos Hotel & Convention Dihadiahi Sertifikat Pariwisata Berbasis Risiko dan SNI CHSE

Zaenudin (63) salah satu pasien katarak dari Dusun Jampioso, Desa Karangtalun, Kecamatan Ngluwar mengucapkan terima kasih kepada Kodim Magelang yang telah menyiapkan sarana dan prasarana dalam pemeriksaan dan operasi katarak.

"Saya bersyukur bisa mengikuti operasi katarak ini secara gratis," ucap kakek bercucu 3 tersebut. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres