Danrem 072/Pamungkas: Stop Arogansi Prajurit, TNI Tegas Humanis

Danrem 072/Pamungkas: Stop Arogansi Prajurit, TNI Tegas Humanis

PENYAMBUTAN. Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Joko Purnomo saat memberikan arahan kepada anggota Kodim 0705/Magelang. -ist-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGESKPRES– Dua tugas-fungsi TNI AD yaitu fungsi tempur dan fungsi pembinaan teritorial (Binter).

Babinsa adalah ujung tombak teritorial atau garda terdepan yang memiliki peranan penting dalam rangka menjaga keutuhan wilayah, kedaulatan dan melindungi sekaligus memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Joko Purnomo, saat kunjungan kerjanya ke Kodim 0705/Magelang, Rabu, 30 Agustus 2023 di Gedung Prajurit.

BACA JUGA:Kapolres Magelang Kota Ajak Stakeholder Tanggulangi Bersama Kebakaran Hutan

"Babinsa harus bisa menjadi panutan, tempat bertanya, sebagai nara sumber dan mencari solusi," ujar Danrem.

Di depan ratusan anggota Kodim Magelang dan Persit, Danrem juga mewanti wanti, sebagai TNI tidak boleh lupa akan Santi Aji (Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan 11 Azas Kepemimpinan).

“Yang terpenting adalah 8 Wajib TNI yang ke 8 yaitu Mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya,” kata Danrem.

Menurutnya jati diri TNI yaitu tentara rakyat, yaitu tentara yang anggotanya berasal dari warga negara Indonesia. Tentara Pejuang yaitu tentara yang berjuang menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tidak mengenal menyerah.

Tentara Nasional yaitu tentara kebangsaan Indonesia yang bertugas demi kepentingan negara di atas kepentingan daerah, suku, ras, dan golongan, serta Tentara Profesional yaitu tentara yang terlatih, terdidik, diperlengkapi secara baik, tidak berpolitik praktis.

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, KNPI Kota Magelang Ajak Milenial Berdialog

Danrem juga mengingatkan agar selalu menjaga disiplin, serta menghindari semua bentuk pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan satuan.

"Jaga pola makan dan rajin olahraga, jaga kesehatan agar dapat melaksanakan tugas-tugas yang diemban dengan maksimal," imbuhnya.

“Babinsa harus bijak dan cerdas dalam menggunakan Medsos, Babinsa harus hadir di tengah tengah-tengah masyarakat membantu mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya. Babinsa harus cerdas, kreatif, banyak ide, inovatif, penampilan rapi dan bersih," pesan Danrem.

Di akhir arahannya, Danrem menyampaikan penekanan Pangdam IV/ Diponegoro agar TNI menjaga netralitas, bijak dalam menggunakan media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres