DPC PDI Perjuangan Wonosobo Disambangi Bawaslu, Ada Apa?

DPC PDI Perjuangan Wonosobo Disambangi Bawaslu, Ada Apa?

DPC PDI Perjuangan Wonosobo Disambangi Bawaslu, Ada Apa?-MOHAMMAD MUKAROM-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANG EKSPRES - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Sarwanto bersama timnya berbondong-bondong datangi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P Wonosobo, Afif Nurhidayat di Ruang Priggitan Utara Pendopo Bupati, Senin 11 September 2023.

Sarwanto mengatakan agenda pertemuan pihaknya dengan Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut sebatas melakukan koordinasi demi membangun iklim demokrasi yang sehat di ajang pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 mendatang.

"Kita perlu koordinasi bersama semua pihak. Hanya saja bertahap, kita cari waktu longgar kapan bisa bertamu ke Pemkab, Polres, Kodim, dan semua fraksi," terang Sarwanto saat ditemui di ruangannya di kantor Bawaslu Wonosobo.

Sarwanto menuturkan terkait audiensinya itu semata-mata bermaksud menjalin hubungan dengan pimpinan daerah Wonosobo, Afif Nurhidayat yang juga sekaligus sebagai Ketua DPC PDI-P setempat.

"Kita datang ke pendopo itu atas nama beliau sebagai Pak Bupati Wonosobo. Meskipun di sisi lain Pak Afif juga sebagai Ketua DPC PDI-P, tapi maksud kami yaitu menjalin hubungan baik antara Bawaslu dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab)," jelasnya saat dikonfirmasi.

BACA JUGA:Evaluasi Kinerja Jelang Tahun Politik, Polda Jateng Gelar Operasional Semester I

Sarwanto membocorkan isi pembicaraan dirinya dengan pimpinan daerah tersebut, yakni seputar membangun persamaan persepsi di antara keduanya.

Ketua Bawaslu itu mengatakan bahwa Bupati Afif memiliki kewenangan dalam hal ini yaitu pemberian pengarahan terhadap jajaran kepemerintahan di Wonosobo.

"Pak Afif kan yang punya wewenang untuk mengarahkan pegawai pemerintah. Khususnya dalam pelaksanaan pemilu, agar supaya ASN (Aparatur Sipil Negara) bisa netral," katanya.

BACA JUGA:Upaya Penuhi Kebutuhan Daging Nasional, Kementan Siapkan Inseminator Milenial

Selain itu, Sarwanto tuturkan kaitannya dengan persamaan persepsi antara pihak Bawaslu dan Pemkab yang menjadi pokok bahasan pada pertemuannya sepagi tadi, alih-alih bertamu untuk yang pertama kali semenjak ia dilantik menjadi Ketua Bawaslu Wonosobo belum lama ini.

"Ya bahasanya etika kita yang baru saja dilantik. Terus kita bertamu ke pimpinan daerah itu hal yang biasa. Tapi ini kita lakukan bertahan, nanti ke KPU juga kita datangi," ujarnya.

BACA JUGA:Jelang Pemilu, ASN Wonosobo Diminta Netral dan Tidak Berpolitik Uang

Sarwanto mengatakan, dari koordinasi antara Bawaslu dengan Pemkab, salah satu hasilnya yaitu kedua belah pihak akan mencanangkan agenda pertemuan lebih intens demi menyelaraskan pandangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres