Magelang Bukan Kota Tertua Nomor 2 di Indonesia, Ternyata Ada yang Lebih Senior

Magelang Bukan Kota Tertua Nomor 2 di Indonesia, Ternyata Ada yang Lebih Senior

Magelang Bukan Kota Tertua Nomor 2 di Indonesia, Ternyata Ada yang Lebih Senior--

MAGELANGEKSPRES -- Magelang yang dianggap sebagai kota nomor dua tertua setelah Palembang. Padahal, berdasarkan bukti prasasti, masih ada kota-kota lain yang usianya jauh lebih tua daripada Magelang.

Lantas dimanakah kota tertua nomor dua setelah Palembang? Magelang Ekspres akan menyajikan artikel dan juga sedikit bukti tentang 5 kota tertua di Indonesia.

1. Palembang


Kota Palembang--

Palembang merupakan kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Medan.

Kota ini memiliki sejarah yang panjang dan penting, karena pernah menjadi ibu kota Kerajaan Sriwijaya, yang merupakan Kerajaan terkuat di Sumatera dan semenanjung Melayu.

BACA JUGA:Selain Borobudur, Ini Tempat Wisata Religi Magelang yang Menarik untuk Dikunjungi

Keberadaan Palembang sebagai ibu kota Kerajaan Sriwijaya dapat dibuktikan melalui penemuan arca dan prasasti, salah satunya adalah prasasti Kedukan Bukit di Bukit Siguntang.

Bukti awal keberadaan Palembang dapat ditemukan pada abad ke-7, ketika seorang biksu Tiongkok bernama Yjing mengunjungi Kerajaan Sriwijaya selama enam bulan di sana.

Dalam prasasti yang ditulis dengan huruf Pallawa dan bahasa Melayu Kuno, dijelaskan bahwa Palembang telah menjadi sebuah kota sejak tanggal 16 Juni 682M yang didirikan oleh Dapunta Hyang. Saat ini, Palembang telah berusia 1341 tahun.

BACA JUGA:6 Mitos Gunung Merbabu yang Ditakuti Para Pendaki, Salah Satunya Tidak Boleh Pakai Baju Hijau

2. Salatiga


Kota Salatiga--

Berdasarkan temuan dalam Prasasti Plumpungan, Salatiga merupakan salah satu kota tertua kedua di Indonesia. Terletak di Provinsi Jawa Tengah, Salatiga telah ada sejak tahun 750 Masehi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: