Siswa SMPN 1 Purworejo Serukan Gerakan Anti Perundungan

Siswa SMPN 1 Purworejo Serukan Gerakan Anti Perundungan

ANTI PERUNDUNGAN. Ratusan siswa SMPN 1 Purworejo menyerukan gerakan anti perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi dengan berbagai aksi.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres-magelangekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Seluruh siswa SMP Negeri 1 Purworejo menyerukan gerakan pencegahan tindak perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi.

Seruan itu diwujudkan dengan rangkaian acara sosialisasi dan deklarasi anti perundungan di kawasan Heroes Park Purworejo pada Selasa (17/10).

Dalam deklarasi tersebut para siswa menyatakan lima hal, yakni anti terhadap segala bentuk perundungan, peduli dan berempati dalam berinteraksi sosial, menjaga kehormatan diri dan orang lain.

BACA JUGA:Pelaku Pembakar Sepeda Motor dan Bentrok di Muntilan Magelang Tak Diproses Hukum

Juga menghargai dan menghormati perbedaan keyakinan, pendapat, dan gender, serta menjaga persahabatan dan perdamaian.

Mereka juga membawa poster yang menyuarakan anti perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi. Usai deklarasi mereka menandatangani pakta integritas di selembar spanduk berukuran 3×6 meter secara bergantian.

Selain 572 siswa kelas 7 hingga 9, acara yang digelar sejak pagi hingga sore itu juga diikuti pihak komite, orang tua siswa, guru, serta karyawan. Tak hanya itu, para siswa juga mempunyai kesempatan untuk bermain Sudamanda, sebuah permainan tradisional yang kini jarang ditemui.

Kepala SMPN 1 Purworejo, Tuwuh Sutrisno SPd MPd, menyebut, sebelum deklarasi, rangkaian acara diawali dengan kampanye tentang Anti Perundungan (Bullying), Anti Kekerasan Seksual dan Anti Intoleransi.

Sejumlah narasumber dihadirkan untuk mengisi materi. Satbinmas dan Unit PPA Satreskrim Polres Purworejo menyampaikan materi tentang bahaya narkoba, pencegahan dan penanganan bullying.

BACA JUGA:Paguyuban PeDji Menyatu di Puncak Lustrum dan Reuni Akbar SMPN 1 Purworejo

“Kemudian terkait kekerasan seksual narasumbernya dari Dinas Kesehatan serta terkait Intoleransi dari Kementerian Agama,” sebutnya.

Menurutnya, kegiatan ini juga digabung dengan kegiatan Kampanye Sekolah Sehat. Hal itu mengingat SMPN 1 Purworejo juga menerima program sebagai Sekolah Sehat dari Kementerian Dikbud Ristek dimana sebulan sekali ada kegiatan jalan sehat dan sarapan bersama serta seminggu sekali ada senam bersama.

Dalam kegiatan ini, semua peserta jalan sehat dari sekolah ke Heroes Park sejauh kurang lebih 4 km pergi pulang, serta makan siang bersama.

“Juga Adiwiyata cinta lingkungan. Disini ada acara pengenalan lingkungan alam di Heroes Park serta kebersihan lingkungan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Purworejo,” jelasnya didampingi Waka Kesiswaan, Prayogi SPd.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres