37 Wilayah di Wonosobo Terdampak Pipa Bocor

37 Wilayah di Wonosobo Terdampak Pipa Bocor

PDAM. Pembenahan jaringan air yang tersumbat oleh PDAM Tirta Aji Wonosobo, kemarin lusa. -istimewa-magelangekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Semenjak adanya perbaikan pipa Tran/dis 250 mm di Jalan Lurah Sudarto pada Sabtu 14 Oktober lalu, mengakibatkan 37 titik wilayah di Kabupaten Wonosobo terdampak.

PDAM Tirta Aji Wonosobo menjelaskan persoalan tersebut disebabkan salah satu bagian pipa mengalami kebocoran di jaringan perairan di Desa Bugangan Kecamatan Wonosobo lima hari yang lalu.

Pihak PDAM mengungkapkan, terdapat kebocoran pipa 10 inch hingga mengakibatkan cabang wilayah zona barat dan tengah Wonosobo alami gangguan.

BACA JUGA:Berkaca Peristiwa di Magelang, Bupati Wonosobo: Buat Pelajaran

Hal ini karena trouble di jaringan utama dan terdapat sumbatan pada strainer di water meter induk.

PDAM Tirta Aji melalui akun instagram @perumdaairminumtirtaaji mendapatkan sekitar 150 komentar keluhan masyarakat yang terdampak. Khususnya di zona barat dan tengah di wilayah cabang Wonosobo.

Sebelumnya, PDAM hanya memberitahukan bahwasanya akan ada penggiliran penggunaan mata air Wonosari di beberapa lokasi karena debit air yang menurun akibat fenomena El Nino.

Tidak ada informasi terkait kendala sumbatan yang mengakibatkan 37 titik tersebut mengalami gangguan penggunaan air. Bahkan dari pengakuan masyarakat, sejumlah pemukiman tidak mendapatkan air sampai 24 jam penuh.

Seorang warganet dengan akun bernama @aibeulyvi menilai, kendala sumbatan tersebut tidak dikabarkan oleh pihak PDAM sebelumnya. Dirinya menuntut agar segala informasi melalui seluruh kanal media milik PDAM Tirta Aji dapat segera diperbarui.

BACA JUGA:Kenal di Medsos, Seorang Santri di Wonosobo Cabuli Anak 13 Tahun

"Kenapa air di Wonosobo Timur mati padahal informasi yang diunggah tidak ada wilayah kami yang kena penggiliran air. Kalau ada gangguan ya di-update informasinya. Apa gunanya insta story," ucapnya pada kolom komentar belum lama ini.

Kemudian pengguna instagram dengan nama akun @deareani77 juga mengeluhkan hal yang sama. Bahkan pihaknya mengaku belum mendapatkan fasilitas air selama hampir dua hari.

"Aduh ini sudah 36 jam tapi stok air masih tidak ada," keluhnya.

Dari seluruh aduan yang masuk melalui kolom komentar, pihak PDAM memberikan respons dan menyampaikan bahwa timnya sedang berupaya menelusuri seluruh jaringan yang bermasalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres