Bank Sampah Pandanjaya Purworejo Jadi Rujukan Study Banding

Bank Sampah Pandanjaya Purworejo Jadi Rujukan Study Banding

DIALOG. Tim bank sampah Pandanjaya saat berdialog dengan peserta study banding.--

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Bank sampah Pandanjaya Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing mendapat kunjungan dari rombongan PKK Desa Sidoagung, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang.

Rombongan bermaksud untuk mempelajari terkait dengan pengelolaan bank sampah yang sudah berjalan di Desa Pandanrejo.

Rombongan yang dipimpin oleh Camat Tempuran Yuvita Isni Kadratin SE MM itu disambut langsung oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Dra Erna Setyowati Said Romadhon di TPS 3R Desa Pandanrejo, belum lama ini.

BACA JUGA:Wabup Purworejo Ajak Santri Jadi Motor Penggerak Kejayaan Negeri

Nampak hadir dalam kegiatan Ketua TP PKK Kecamatan Kaligesing Rukiana Wahyu Jaka, Kepala Desa (Kades) Sidoagung Suparno dan Kades Pandanrejo Supandi.

Erna mengucapkan terimakasih atas kehadiran rombongan dari Desa Sidoagung dan berharap semoga kegiatan ini bisa bermanfaat yang nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan bagi kedua Desa.

Kades Sidoagung menyampaikan bahwa maksud dan tujuan rombongan melaksanakan studi tiru di Desa Pandanrejo ini adalah untuk belajar tentang pengelolaan bank sampah.

“Kami mendapatkan informasi bahwa bank sampah di Pandanrejo ini sudah bejalan sejak lama sehingga sampahnya bisa dimanfaatkan untuk masyarakat khususnya bagi kepengurusan di bank sampah Desa Pandanrejo,” ungkapnya.

Kegiatan studi tiru tersebut diisi dengan penjelasan tentang pengelolaan bank sampah oleh Kabid Pengelolaan Sampah dan Keanekaragaman Hayati Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan (DLHP) Kabupaten Purworejo Slamet dan cara beternak maggot oleh pengurus bank sampah Pandanjaya. Dalam sesi tersebut para peserta nampak antusias untuk mempelajari dan mendiskusikan materi yang disampaikan.

BACA JUGA:Bau Sampah TPSA Mertoyudan Hingga ke Lingkungan Masyarakat dan Sekolah

Rukiana menjelaskan bahwa kegiatan ini akan ditutup dengan kunjungan UMKM dan wisata yang ada di Desa Pandanrejo, di antaranya meninjau industri batik khas Pandanrejo dan Bukit Sebutrong. “Nanti bapak ibu dapat berkunjung ke wisata disini seperti Bukit Sebutrong,” pungkasnya. (luk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres