Pelajar SMP di Purworejo Adu Lucu Baca Puisi Humor Kopisisa

Pelajar SMP di Purworejo Adu Lucu Baca Puisi Humor Kopisisa

BERADU LUCU. Para finalis itu lomba Baca Pusisi Humor Kopisisa mengikuti babak final di Omah Srotong Srawung Sitanjung Kelurahan Pangen Jurutengah Kecamatan Purworejo pada Minggu (29/10).-foto: eko sutopo/purworejo ekspres-magelangekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Sebanyak 20 siswa jenjang SMP sederajat dari berbagai sekolah di Kabupaten Purworejo dinyatakan lolos seleksi tahap awal Lomba Baca Puisi Humor yang digelar oleh Kelompok Peminat Seni Sastra (Kopisisa) Purworejo.

Para finalis itu kembali beradu lucu dalam babak final yang digelar secara langsung di Omah Srotong Srawung Sitanjung Kelurahan Pangen Jurutengah Kecamatan Purworejo pada Minggu (29/10).

Pelaksanaan lomba berlangsung seru sejak pagi hingga siang. Masing-masing finalis membacakan dua judul puisi yang termuat dalam Buku Antologi Puisi Sekop(y)or Puisi Humor Kopisisa yang baru saja diluncurkan.

BACA JUGA:Perluas Jangkauan, BP Jamsostek Magelang Teken Kerja Sama dengan RS Purwa Husada Purworejo

Mereka pun berupaya tampil jenaka menyuguhkan performance terbaiknya untuk memenuhi 3 aspek utama penilaian lomba, yakni intepretasi, vokal, dan penampilan.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri diketahui, predikat Juara 1 diraih oleh Ngumar dari SMP VIP Maarif Kemiri, disusul Juara 2 Anindya Jehian dari SMP VIP Maarif Kemiri, dan Juara 3 Nova Salsabila dari SMP N 20 Pituruh.

Kemudian Juara Harapan 1-3 secara berurutan diraih Sarah Nur Rahnani dari MTS N 3 Purworejo, Robiah Nuura Habibah dari MTS An-Nawawi Berjan, dan Mayangsih Imas K dari SMP N 20 Pituruh.

Ketua Kopisisa Purworejo, Soekoso DM, menyebut antusias peserta kategori SMP sederajat cukup tinggi. Tercatat ada sebanyak 85 pendaftar dan mengirimkan penampilan baca puisinya secara Daring.

Panitia bersama dewan juri kemudian melakukan seleksi untuk menentukan 20 besar terbaik untuk tampil secara langsung dalam babak final.

BACA JUGA:Omah Lawas Kalikepuh Purworejo Jadi Rumah Budaya Tjokrodipo, Diwarnai Sarasehan dan Wayang Kulit 3 Dalang

“Sebetulnya ada 20 finalis, tapi 1 orang peserta tidak hadir,” sebutnya.

Menurutnya, baca puisi menjadi salah satu cabang lomba dalam rangkaian Festival Sastra (Festra) Kopisisa 2023.

Selain jenjang SMP sederajat, lomba baca puisi juga digelar untuk jenjang SD dan SMA/Umum. Ada pula Lomba Cipta Puisi dan Cipta Cerpen Pentigraf.

“Festra ini menjadi agenda rutin tahunan Kopisisa dan biasanya kita selenggarakan bertepatan dengan Bulan Bahasa. Nah, untuk tahun ini materi lomba baca puisi kita angkat dari Buku Antologi Puisi Sekop(y)or Puisi Humor Kopisisa yang baru saja kita luncurkan pada 24 September 2023 kemarin,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres