Ternyata Ini Sebab Kebakaran Pabrik Kayu di Wonosobo

Ternyata Ini Sebab Kebakaran Pabrik Kayu di Wonosobo

KAYU. Kondisi pabrik kayu CV CSS di Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo setelah insiden kebakaran, Senin (30/10) sore kemarin. -BPBD Wonosobo-magelangekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Terjadi kebakaran di pabrik kayu milik CV CCS (Cahaya Cinta Sejati) di Jalan Purworejo - Wonosobo KM 35, Dusun Geger Jeruk Desa Burat, Kepil Kabupaten Wonosobo pada Senin (30/10) sore.

Plt BPBD Bambang Triyono mengatakan pemicu kebakaran dikarenakan adanya korsleting pada mesin silo.

"Ada trouble di mesin silo. Karena ada gesekan antara pisau gangrip dan pisau mal milik pabrik CV CCS sehingga mengakibatkan kebakaran," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (30/10) sore.

BACA JUGA:Emak-emak Curi Daging di Parkiran Pasar Wonosobo, Kini Jadi TO

Melihat kobaran api di dalam pabrik, sontak warga sekitar bersama karyawan pabrik melakukan upaya penyelamatan pertama dengan memutus rembetan api agar tidak semakin parah.

Bambang menyampaikan, BPBD telah menerima laporan dari karyawan pabrik pada pukul 15.30 sore hari. Kemudian seunit mobil damkar diluncurkan dan tiba di lokasi sekira pukul 16.28 WIB.

Beruntung dalam insidennya tidak sampai memakan korban jiwa. Meskipun pihak pabrik sendiri telah mengalami kerugian karena terdapat kerusakan aksesibilitas pada mesin silo dan sebagian gedung pabrik hangus dilalap api.

"Kerugiannya masih belum dapat disebutkan karena masih dihitung pihak pabrik total kerugiannya," kata Bambang.

Setelah petugas, relawan, dan pihak terkait melakukan aksi pemadaman api, akhirnya si jago merah berhasil dilenyapkan dalam kurun waktu sekitar satu jam. Selanjutnya bongkahan meterial juga usai dibereskan.

BACA JUGA:Bensin Tumpah Picu Kebakaran di Wonosobo, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Bambang mengimbau agar selanjutnya pihak pabrik senantiasa melakukan pemeriksaan kondisi alat-alat operasional supaya tidak peristiwa tersebut tidak terulang kembali.

"Cek alat-alat pabrik sangat penting apakah kondisinya baik atau tidak. Karena kalau ada korsleting akan berbahaya," imbaunya.

"Saya juga berpesan kepada masyarakat agar tetap waspada dalam beraktivitas. Khususnya kegiatan yang langsung berkenaan dengan api supaya lebih berhati-hati karena keselamatan bersama itu penting," tandasnya. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres