Pemkab Temanggung Terima SDGs Award

Pemkab Temanggung Terima SDGs Award

PENGHARGAAN. Pj Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo menerima pengharagaan SDGs Awards dari Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa, di Royal Ambarukmo Yogyakarta. -foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres-magelangekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Gara-gara domba, Kabupaten Temanggung berhasil menyabet juara tiga dalam SDGs Awards dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Pj Bupati Hary Agung Prabowo mengatakan  pada SDGS Awards ini Temanggung tampil salah satunya dengan inovasi unggulan PEKA PANGAN, yaitu Pemuda Berkarya untuk Pertanian Berkelanjutan di Desa Nglarangan, Kecamatan Tretep.

Inovasi ini merupakan keberhasilan pemuda Desa Nglarangan dalam melalukan perubahan pola pikir sehingga mampu memberdayakan pemuda desa yang berdampak pada peningkatan ekonomi keluarga secara siginfikan melalui kegiatan penggemukan domba.

BACA JUGA:Seniman Vietnam Pelajari Budaya Temanggung

“Dampak secara ekonomi adalah peningkatan perkapita yang pada awalnya hanya Rp245.000/bulan sekarang menjadi Rp4.100.000/bulan. Dengan meningkatnya pendapatan perkapita berdampak pada pengurangan penduduk miskin di Kecamatan Tretep, kualitas pendidikan meningkat melalui literasi dan numerasi, ketahanan pangan keluarga meningkat, lingkungan terjaga kualitasnya, bahkan mengurangi lahan kritis,”katanya.

Ia menjelaskan, Temanggung menjadi juara ke tiga tingkat Nasional/Bappenas, dari 365 kabupaten/kota se Indonesia.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa kepada Pj Bupati Hary Agung Prabowo, di acara SDGs Annual Conference 2023 Air Energi dan Pertanian Menuju Ketahanan Pangan Bekelanjutan di Lounge Royal Ambarukmo, Yogyakarta.

Dijelaskan, sebelumnya Temanggung telah masuk 10 besar bersama Kabupaten Bantul, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Bogor, Sinjai, Bandung, Magelang, Karo, Gowa.

BACA JUGA:Harga Cabai di Kabupaten Magelang Masih Tinggi, Suharparti: Saya Harus Memutar Otak

“Alhamdulillah secara nasional Kabupaten Temanggung meraih juara III SDGs Awards. Penilaiannya ada tiga, yakni aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi. Aspek lingkungan adalah bagaimana memadukan keberlanjutan bersama sektor pertanian, aspek sosial bagaimana bisa terpadu bersama dalam rangka keberlanjutan ke depan, dan ketiga aspek ekonomi adalah bagaimana meningkatkan pendapatan masyarakat. Terimakasih kepada seluruh elemen, masyarakat Kabupaten Temanggung, semua OPD, yang telah mendukung pencapaian ini,”katanya.

SDGs sendiri adalah pembangunan berkelanjutan/sustainable development goals yang merupakan agenda 2030 berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan berprisnip universal, intergrasi dan inklusif, guna meyakinkan bahwa tidak ada satupun yang tertinggal atau “no one left behind”.

Harapannya dapat mendorong peningkatan kapabilitas pemerintah kabupaten terhadap standar kabupaten berkelanjutan secara internasional, melibatkan multi stakeholders, seperti pemerintah, akademisi, komunitas, bisnis dan media.

“Melalui kompetisi SDGs ini Kabupaten Temanggung berkomitmen melaksanakan indikator SDGs dan menciptakan kota/kabupaten berkelajutan,”katanya.

BACA JUGA:Harga Cabai di Temanggung Semakin Membaik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres