Museum Jenang Kudus: Museum Jenang Pertama di Indnesia Ternyata Ada di Kudus!

Museum Jenang Kudus: Museum Jenang Pertama di Indnesia Ternyata Ada di Kudus!

Museum Jenang Kudus: Museum Jenang Pertama di Indnesia Ternyata Ada di Kudus!--google maps

MAGELANGEKSPRES -- Museum Jenang merupakan salah satu dan satu-satunya museum jenang yang ada di Kota Kudus, Jawa Tengah.

Kota Kudus yang  terkenal dengan Masjid Menara Kudus juga memiliki Museum Jenang yang memiliki nama yang cukup terkenal di bidang kuliner.

Kadi buat kamu yang berkunjung di Kota Kudus ini tidak lengkap jika belum membeli oleh-oleh berupa jenang kudus.

Jenang sendiri merupakan salah satu makanan yang identik dengan rasa manis legit.

Kini jenang juga hadir dalam berbagai macam varian rasa.

Jenang Kudus memiliki perjalanan yang cukup Panjang.

Sekarang jenang paling populer dan terkenal.

Sejarah jenang merek Mubarok rupanya dimulai sejak tahun 1910 lalu.

BACA JUGA:Museum Kretek Kudus: Menjadi Salah Satu Latar Film Gadis Kretek Yang Menarik Dikunjungi!

Pendiri atau perintis awal dari jenang mubarok ini ialah dari pasangan H. Mabruri dan Hj. Alawiyah sejak 1910 hingga tahun 1940.

Kemudian dilanjutkan oleh generasi kedua yaitu pasangan H.A. Sochib dan Hj. Istafiyah sejak tahun 1940 hingga tahun 1992.

Lalu yang terakhir dilanjutkan oleh pasangan yang Bernama H. Muhammad Hilmy, SE dan Hj. Nujumullaily, SE sejak tahun 1992 sampai sekarang.

Bangunan yang menyimpan Sejarah terkait jenang Mubarok ini terbagi menjadi dua lantai, bangunan bawah dipakai untuk gerai Mubarok Food yang menjajakan berbagai produk jenang kudus merek Mubarok dengan berbagai macam varian rasa hingga oleh-oleh lainnya.

Berbeda dengan bangunan di lantai dua yang menjadi ruang utama Museum Jenang ini lagsung menyambut pengunjung dengan interior yang klasik.

Pada ruangan ini terdapat berbagai informasi yang disematkan pada tiap-tiap koleksi yang terpajang.

BACA JUGA:Pantai Liang Maluku: Pantai Pasir Putih Eksotis Lokal yang Memukau!


Museum Jenang Kudus: Museum Jenang Pertama di Indnesia Ternyata Ada di Kudus!--google maps

Di Museum tersebut digambarkan tentang proses pembuatan dari jenang itu sendiri melalui seni patung yang sedang mengaduk jenang.

Tak hanya itu disini juga diperlihatkan berbagai alat sebagai penunjang pembuatan jenang dari peralatan modern hingga peralatan tradisional.

DI bagian dinding ruangan terpasang berbagai potret dari pendiri sekaligus pengelola jenang merek Mubarok dari pendiri hingga generasi ke generasi.

di sudut lain ruangan ini menghadirkan diaroma Pasar Bubar, tempat dahulu dimana pendiri hingga per generasi memasarkan jenang Mubarok.

Museum ini tidak hanya memaparkan informasi terkait jenang saja, namun juga menggambarkan Sejarah Kota Kudus berupa adanya desain replika bangunan eksotik Menara Kudus yang terbuat dari batu bata merah  yang memiliki ketinggian sekitar 6 meter.

Setelah mengetahui Museum Jenang Kudus merupakan satu-satunya Museum Jenang yang ada di Indonesia tentu semakin membuat penasaran kan? Jadi bila ke Kota Kudus jangan lupa berkunjung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: