Jalur Kereta Cilongok Banyumas Masih Lumpuh Total Imbas Longsor yang Terjadi

Jalur Kereta Cilongok Banyumas Masih Lumpuh Total Imbas Longsor yang Terjadi

Jalur Kereta Cilongok Banyumas Masih Lumpuh Total Imbas Longsor yang Terjadi, Selasa 5 Desember 2023--

BANYUMAS, MAGELANGEKSPRES -- Jalur kereta api di antara Stasiun Karanggandul - Karangsari KM 340 + 100, Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengalami hambatan akibat longsor besar sejak dini hari Senin 4 Desember 2023 pukul 02.00 WIB.

Sejumlah tim gabungan yang terdiri dari berbagai elemen terkait sedang berusaha keras membersihkan material yang menutupi lintasan rel kereta api.

Longsor ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi selama lebih dari tiga jam, dan memiliki volume yang signifikan dengan panjang mencapai 50 meter, lebar 50 meter, dan tinggi 20 meter.

Sebagai langkah preventif dan untuk menjaga keselamatan, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi V Purwokerto telah mengalihkan 16 perjalanan kereta api ke jalur utara dan selatan.

BACA JUGA:Longsor di Gemawang Temanggung, Satu Rumah Rusak Parah

Hingga Senin malam 4 Desember 2023  pukul 23.55 WIB, tim gabungan terus bekerja keras untuk membersihkan rel kereta api.

Untuk membantu dalam upaya pembersihan, telah dikerahkan lima unit eskavator dan satu unit kereta lori ke lokasi kejadian sejak Senin pagi.

Prioritas utama saat ini adalah memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat longsor, termasuk menara sutet yang pondasinya terkena dampak.

BACA JUGA:1 Orang Tewas 2 Luka Akibat Tertimpa Longsor di Ngablak Magelang

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam peristiwa ini.

Tim gabungan terus melakukan patroli dan pemantauan untuk mengantisipasi potensi longsor susulan.

Dalam menghadapi cuaca buruk yang diinformasikan oleh BMKG, BNPB mengimbau pemerintah daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dengan melakukan pemantauan berkala di lereng perbukitan.

BACA JUGA:Evakuasi Sepeda Motor yang Masih Tertimbun Longsor di Ngablak Magelang Ditunda karena Cuaca Buruk

Selain itu juga agar melakukan penguatan, dan melakukan mitigasi dengan penanaman pohon berakar kuat yang dapat mencegah longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: