Sambut Purna Tugas, Seorang ASN di Wonosobo Jemput SK Pensiun dengan Lari Maraton

Sambut Purna Tugas, Seorang ASN di Wonosobo Jemput SK Pensiun dengan Lari Maraton

MARATON. Ponco Handono saat maraton dari pendopo kabupaten, Selasa (5/12). -Mohammad Mukarom magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Seorang ASN guru asal Desa Mangunrejo Kecamatan Kalikajar Wonosobo, Ponco Handono mengambil SK pensiun di Pendopo Bupati dengan cara lari maraton sejauh 26 km, Selasa (5/12).

Ia mengatakan, hal tersebut diwujudkan sebagai bentuk penyambutan masa pensiun di usianya yang akan menginjak usia ke-60 pada 7 Desember tahun 2023 ini.

"Saya menyambut masa pensiun dengan berlari maraton. Ini menunjukkan bahwa meskipun saya sudah tua, tapi jiwa saya masih muda," kata Ponco Handono saat ditemui wartawan.

BACA JUGA:Diduga Korslet, Dua Mobil Terbakar di Pom Bensin Wonosobo, Korban Dilarikan ke Puskesmas

Diketahui, Ponco Handono merupakan seorang ASN guru matematika di SMPN 3 Selomerto Kabupaten Wonosobo. Dia mulai alami purna tugas pada 1 Januari 2024 mendatang.

"Syukur sekali, saya meski sudah tua tapi masih diberikan kesehatan. Fisik saya masih kuat untuk lari. Pak Bupati tadi ketika kasih saya SK pensiun juga beliau mengapresiasi saya," ujarnya.

Pria yang sudah memiliki 3 cucu itu mengaku dirinya merupakan seorang atlet lari asal Wonosobo. Sehingga pada saat pensiun, ia menilai dengan berlari sejauh 26 km itu sebagai perayaan atas berakhirnya tugas negara.

"Saya alhamdulilah atlet lari. Saya dari kecil selalu olahraga lari bahkan cukup sering ikut lomba tingkat internasional," ungkapnya.

BACA JUGA:Hujan Lebat Seharian, Sebuah Masjid di Wonosobo Ambruk Tertimpa Longsor

Ponco mengatakan, dirinya berangkat dari rumah ke pendopo sejak pukul 06.00 WIB. Berbekal makan dan minuman serta seragam batik ASN di dalam tas ranselnya. Ia berlari sambil mengibarkan bendera merah putih.

"Karena kebetulan saya atlet juga, dan saya suka olahraga ini, ya saya berlari dari rumah sampai ke pendopo. Kemudian dari pendopo balik pulang juga lari. Totalnya 26 km," terangnya.

Ia berharap, hal tersebut dapat memotivasi anak-anak muda dan juga seluruh ASN yang akan menyusul masa pensiun, agar bisa tetap produktif di hari-hari tenangnya. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres