Semarak MGBK Expo, Puluhan Kampus Hadir di Wonosobo

Semarak MGBK Expo, Puluhan Kampus Hadir di Wonosobo

EXPO. Ribuan pelajar memadati stand kampus dan industri di acara MGBK Expo, Rabu (13/12). -Mohammad Mukarom magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Terdapat puluhan kampus dari universitas negeri maupun swasta dan 5 industri hadir di acara MGBK Expo tahun 2023 di Gedung Sasana Adipura Kencana Kabupaten Wonosobo.

Ketua Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Wonosobo, Harnowo mengungkapkan, antusiasme para pelajar tingkat SLTA sederajat begitu besar dalam kegiatan kali ini.

"Peserta siswa tahun ini meningkat. Kalau di 2022 ada 5.500 pelajar, tahun 2023 naik jadi 6.600 peserta yang hadir di acara expo," katanya saat diwawancara Wonosobo Ekspres, Rabu (13/12).

BACA JUGA:HWDI Wonosobo Minta Penerapan Kebijakan Infrastruktur Inklusif Segera Merata

Menurut Harnowo, MGBK Expo tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kedua kalinya semenjak tahun 2022 lalu. Dalam kegiatannya, ia melibatkan sekitar 46 meliputi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN/PTS), serta 5 perusahaan besar se-Provinsi Jateng dan DIY.

Dalam kegiatannya, seluruh lembaga universitas dan juga industri difasilitasi puluhan stand untuk mempromosikan masing-masing instansinya, mulai dari menyebarkan brosur hingga penawaran program.

Kemudian disampaikan pula, dari sebanyak 6.600 siswa yang ikut menyemarakkan MGBK Expo sejak Selasa - Rabu (12-13 Desember) itu terdiri dari 33 sekolah SMK, 18 SMA, dan 3 sekolah MA.

"Alhamdulillah antusias pelajar di Wonosobo sangat tinggi. Kita ingin melalui MGBK Expo ini bisa jadi alternatif untuk memberikan gambaran bagi mereka, setelah lulus kira-kira mau kerja atau mau kuliah," tandasnya.

BACA JUGA:Berikut Rentetan Sanksi Komdis di Laga PSIW vs PSIK Klaten

Lebih lanjut, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat seusai membuka acara tersebut pada hari pertama, Selasa (12/12) kemarin, ia juga menyampaikan beberapa hal dalam sambutanya.

Salah satu yang dikatakan oleh Bupati Afif yaitu sebuah harapan besar, dengan agenda serupa bisa menjadi upaya menekan angka anak tidak sekolah (ATS) di Wonosobo yang terakhir terpantau sebanyak 3 ribuan orang lebih.

"Saya pesan ke Dinas Pendidikan dan Kemenag untuk mendata, jangan sampai ada satupun siswa lulus tapi tidak didampingi nantinya mau ke mana," katanya.

Bupati Afif memberikan apresiasi terhadap pihak pelaksana, pasalnya dengan mengadakan expo demikian bisa jadi salah satu gebrakan untuk memfasilitasi para alumni SLTA di Kabupaten Wonosobo.

BACA JUGA:Harga Cabai Tambah Pedas, Dispaperkan Wonosobo Prediksi Melambung Lebih Tinggi Lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres