Panen Hasil Karya Siswa P5 di SMKN 3 Magelang

Panen Hasil Karya Siswa P5 di SMKN 3 Magelang

PANEN KARYA. Orang tua/ wali sedang menyaksikan pameran Panen Karya Siswa P5 di teras SMKN 3 Magelang-Foto: dokumen smkn 3 magelang-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - SMKN 3 MAGELANG menyelenggarakan kegiatan Panen Hasil Karya Siswa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jumat, 15 Desember 2023 di selasar sekolah setempat.

Kegiatan ini bertujuan untuk merayakan pencapaian peserta didik dan kontribusi pendidik/tenaga kependidikan SMKN 3 Magelang dalam kegiatan P5, mengakui pentingnya nilai layanan sekolah kepada semua pihak, dan mengakui pentingnya keterlibatan warga sekolah dalam masyarakat dan lingkungan sekolah.

BACA JUGA:SMKN 3 Magelang Juara Favorit Lomba Desain Busana Batik Dekranasda Kabupaten Magelang

Panen Hasil Karya Siswa ini merupakan puncak kegiatan pembelajaran P5 dengan tema kebekerjaan dan kebhinekaan global.

Tema kebekerjaan fase E mengambil topik menggali potensi dan passion diri, sedangkan topik yang diambil pada fase F kelas XI adalah keamanan dan keselamatan kerja (K3).

Topik pada kebhinekaan global adalah Bhineka Tunggal Ika.

Pembelajaran diawali dengan pembuatan modul ajar oleh tim koordinator kelas baik fase E maupun fase F.

Kemudian modul tersebut disampaikan ke peserta didik oleh guru-guru fasilitator P5 melalui berbagai strategi dan model pembelajaran, di antaranya dengan menghadirkan guru tamu di sekolah pada tema kebekerjaan baik di fase E maupun Fase F.

BACA JUGA:Gelar Pameran Presisi, SMKN 3 Magelang Tampilkan Hasil Karya Siswa

Peserta didik di fase F juga melaksanakan observasi di dunia kerja dan dunia industri secara berkelompok sesuai dengan pilihan masing-masing.

Mila Yustiana, S Pd, MMPar selaku kepala SMKN 3 Magelang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan hari ini merupakan gelar karya di mana anak-anak bisa menunjukkan karya-karya dan karakter profil pelajar Pancasila melalui pengerjaan proyek dengan penuh tanggung jawab, disiplin, kebersamaan dan gotong royong.

”Acara ini bisa disaksikan secara online dan offline,” ujarnya.

Panen karya dikemas dalam tiga bentuk, yakni pameran produk karya siswa, unjuk kreativitas siswa, dan penayangan video hasil karya siswa. Produk karya siswa yang dipamerkan di antaranya grooming setiap program keahlian yang ada di SMKN 3 Magelang dalam berbagai tampilan.

Unjuk kreativitas yang ditampilkan di panggung, di antaranya storytelling, berbagai tari kreasi baru, pembacaan puisi, drama, perform cuci tangan, seni beladiri (taekwondo), dan fashion show busana kerja dari masing-masing program keahlian di SMKN 3 Magelang, yakni Perhotelan, Kuliner, Kecantikan dan Spa, Broadcasting dan Perfilman, dan Busana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres