134 Calon Bantara dan Laksana Ambalan Sekar Mirah Agung Sedayu SMKN 2 Magelang Dilantik

134 Calon Bantara dan Laksana Ambalan Sekar Mirah Agung Sedayu SMKN 2 Magelang Dilantik

134 Calon Bantara dan Laksana Ambalan Sekar Mirah Agung Sedayu SMKN 2 Magelang Dilantik--

MAGELANG UTARA, MAGELANGEKSPRES – Ambalan Sekar Mirah Agung Sedayu sebutan kepramukaan Gugus Depan 02.068 dan 02.067, Pangkalan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Magelang (SMK N 2 Magelang) melaksanakan pelantikan kenaikan Tanda Syarat Kecakapan Umum (SKU), pada Jumat-Sabtu (15-16/12/2023).

Kegiatan ini bertujuan, untuk menjadikan peserta didik atau Calon Bantara dan Laksana mengembangkan persaudaraan dan persatuan. Kegiatan ini juga dapat memberikan pengarahan dalam kemampuannya yang mandiri dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bagus Sunyoto SPd, selaku pembina satuan putra. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kak Arif Kisworo, Kak Akrom, Kak Budiyanto, dan kak Markhumah Muhaimin selaku pembina pramuka.

BACA JUGA:SMKN 2 Magelang Gelar Seminar Toleransi Agama dan Budaya Bersama Kesbangpol dan Kemenag Kota Magelang

Dalam kegiatan ini diikuti oleh 92 Calon Penegak Bantara dan 42 Calon Laksana. Dalam pelaksanaan ini ada beberapa yang harus diuji dalam setiap pelantikan, di antaranya kegiatan keterampilan para calon dalam bidang PBB, seni, hasta karya dan praktek bacaan doa sholat jenazah merupakan contoh ujian yang diujikan.

Setelah menyelesaikan SKU tersebut mereka akan dilantik menjadi Penegak Bantara dan Laksana.

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan, beberapa Fun Game dan pemaparan materi dilaksanakan di Lapangan Ngembik Lor, Bedeng. Dilanjutkan dengan perjalanan menuju sekolahan dengan jalan kaki dan melewati dua jembatan tersebut ditempuh 6.5 KM.

"Kegiatannya sangat seru dan menyenangkan kak, walaupun perjalanan menuju lokasi cukup jauh tapi senang bisa menghabiskan waktu dan berbagi pengalaman dengan teman-teman, terima kasih juga untuk kakak panitia (Dewan Ambalan) yang sudah menyukseskan acara pelantikan kemarin semoga kakak-kakak Laksana bisa sukses ke depannya,” ujar Lu'Lu' Salma Tsalitsa salah satu peserta Calon Bantara.

BACA JUGA:SMKN 2 Magelang Gelar Kunjungan Outing Class XI ke Jogja dan Semarang

Pembina Pramuka selaku Ketua Gugus Depan (KA GUDEP) Putra Kak Bagus, juga memberikan motivasi dan harapan bahwa, anggota Penegak Bantara dan Penegak Laksana harus mampu menjaga amanah yang sudah diberikan dan selalu bertanggung jawab dalam segala hal, dan semangat untuk memajukan pramuka di Ambalan Sekar Mirah Agung Sedayu.

“Selalu menjaga kekompakan, mempererat tali persaudaraan, serta dapat memberikan contoh serta berperilaku sesuai Trisatya, Dasa Dharma, agama, Pancasila dan UUD 1945,” jelas Ketua GUDEP. SMK Bisa! SMK Hebat! SMK Unggul dan Juara!. (adv/elsa/ekyshita/tim jurnalistik skanida)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres