Proyek Jalan Sempol - Wonosroyo Wonosobo Baru Tuntas Setengah

Proyek Jalan Sempol - Wonosroyo Wonosobo Baru Tuntas Setengah

JALAN. Kondisi ruas jalan Sempol - Wonosroyo Kabupaten Wonosobo.-Mohammad Mukarom magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Akses jalan di sepanjang ruas Sempol - Wonosroyo baru selesai sepanjang 1,5 kilometer. Proyek tersebut telah menelan anggaran sebesar Rp 3,5 miliar pada tahun 2023. Baik dari bantuan Keuangan Kabupaten/kota (Bankeu) dan juga dana dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Diketahui, jalan sepanjang 11 kilometer tersebut merupakan akses penghubung ke beberapa desa. Di antaranya untuk menuju ke arah Desa Gumiwang Sukoharjo, Desa Suroyudan Sukoharjo, Desa Jebeng Plampitan Sukoharjo, dan Desa Wonosroyo Watumalang.

BACA JUGA:Hujan Tak Henti-henti, Sejumlah Wilayah di Wonosobo Ditimpa Bencana Longsor

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Wonosobo, Afton Riza mengatakan, pengaspalan jalan akan dilanjutkan dan masih menunggu pencairan dana sebesar Rp 3 miliar di tahun 2024.

"Yang kita kerjakan pengaspalan tahun 2023 baru 1,5 kilometer, menyesuaikan anggaran. Tahun ini insyaallah akan ada dana masuk lagi, mungkin akan dilanjutkan lagi pembangunannya," katanya saat dihubungi melalui telepon, Kamis (11/1).

Afton Riza mengungkapkan, dari total sepanjang 11 kilometer, 6 kilometernya merupakan jalan yang dalam kondisi rusak ringan dan berat. Dan ruas berstatus rusak berat, yang diprioritaskan dalam kegiatan pemeliharaan jalan.

BACA JUGA:74 Gedung dan 218 Jiwa Terdampak Angin Ribut di Wonosobo

"Untuk tahun kemarin, panjang penanganan 1,5 kilometer, dan tahun ini penanganan perkiraan ya sama," ujarnya.

Staf Bidang Bina Marga, Edi Hartono menambahkan, bahwa lanjutan rencana pengaspalan di ruas jalan tersebut belum dapat dipastikan.

Pasalnya, DPUPR masih menunggu arahan dari pihak aspirator setelah dana Bankeu cair.

"Mungkin saja melanjutkan atau mungkin lompat titik garapannya. Melihat melalui aspirator nanti disandingkan dengan kebutuhan, mana yang paling rusak nanti masalah titiknya akan diobrolkan lagi," kata Edi Hartono.

Ruas jalan yang semula masih dalam fisik rolak atau bebatuan, sebagiannya telah diaspal seluas 4 meter dan setebal 10 lapis. 6 cm lapis sebagai dasarnya, dan ditambah 4 cm sebagai lapisan di atasnya.

BACA JUGA:VIRAL! Penampakan Bukit Menjulang Dekat Candi Borobudur Magelang Ternyata Sampah

Seperti yang disinggung oleh Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat baru-baru ini, bahwa ruas jalan tersebut sedang dalam upaya penggarapan. Afif berjanji, maksimal di tahun ini garapannya bisa terselesaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres