Ruas Jalan Ngadirejo-Pucungroto Purworejo Tak Lagi Terjal

Ruas Jalan Ngadirejo-Pucungroto Purworejo Tak Lagi Terjal

RESMIKAN JALAN. Anggota Komisi V DPR RI, Sudjadi bersama dengan Ketua DPRD Purworejo, Dion Agasi Setiabudi meresmikan jalan Ngadirejo-Pucungroto Kecamatan Kaligesing.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Ruas jalan aspal Ngadirejo-Pucungroto Kecamatan Kaligesing sepanjang 5 kilometer telah selesai dibangun menggunakan dana APBN Kementerian PUPR terkait program Impres Jalan Daera.

Ruas jalan yang semula terjal, sempit, rusak, berkelok, dan tidak layak disebut jalan kabupaten tersebut kini diharapkan mampu mempermudah akses ekonomi masyarakat, khususnya di wilayah perbatasan.

Jalan Ngadirejo-Pucungroto diresmikan oleh Anggota Komisi V DPR RI, Ir Sudjadi bersama dengan Ketua DPRD Purworejo, Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita.

BACA JUGA:Calon Lulusan SMK Kesehatan Purworejo Diminta Tak Asal Pilih PT

Hadir dalam peresmian Kades Ngadirejo Agus Muzamil, Kades Pucungroto Edi Widodo dan tamu undangan lainnya. Selain peresmian, dilaksanakan juga acara pengajian yang diisi oleh Habib Hasan Agil Ba'abud di rumah Kades Ngadirejo, Kaligesing, kemarin.

Sudjadi menyebut dirinya mendapatkan anggaran aspirasi sekitar Rp100 miliar, dan setelah dipotong pajak menjadi Rp 85 miliar. Dana aspirasi itu dialokasikan untuk program Impres Jalan Daerah di tiga Kabupaten yakni Magelang, Temanggung, dan Purworejo.

"Ini kalau di Kabupaten Purworejo terdapat tiga lokasi jalan yang sudah diresmikan. Antara lain di Jalan Puspo-Somoleter Kecamatan Bruno sepanjang  5 kilometer dengan anggaran kurang lebih Rp9 M.

BACA JUGA:Mendekati Pemilu, Din Syamsuddin Serukan Pilih Pemimpin dengan Rekam Jejak Baik

Kemudian Jalan Ngadirejo-Pucungroto Kecamatan Kaligesing sepanjang 5,3 kilometer kurang lebih Rp11 M. Ruas Jalan Jatirejo, Kecamatan Kaligesing 2 kilometer dengan dana  Rp2,9 miliar," kata Sujadi usai peresmian.

Program pembangunan ini, Sudjadi membagikan ke beberapa desa yang memang membutuhkan dan program untuk desa ini juga masih akan berlanjut di tahun 2024.

"Program masih berlanjut pada tahun 2024. Karena masih terdapat ruas jalan yang belum diresmikan, yakni ruas Jalan Kaligono-Donorejo di Kecamatan Kaligesing 2,3 kilometer anggaran Rp3,1 miliar.

Sehingga saya akan terus berupaya memenuhi aspirasi desa dalam program jalan, air minum, dan irigasi," ungkapnya.

Sujadi mengatakan, jika program pembangunan jalan dan irigasi pertanian sudah berjalan dengan baik, maka tinggal mengerjakan program pembangunan lainnya seperti rumah swadaya, dan sanitasi.

"Kalau untuk rumah swadaya, setiap anggota DPR RI dapat jatah sekitar 2.000 unit. Untuk tahun ini juga dapat kuota segitu," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres