Setahun Tutup, Artha Tirta Purworejo Kembali Dibuka

Setahun Tutup, Artha Tirta Purworejo Kembali Dibuka

KEMBALI DIBUKA. Kolam Renang Artha Tirta Purworejo kembali dibuka untuk umum setelah sempat ditutup sekitar 1 tahun atau sejak awal 2023 karena adanya kerusakan mesin pompa filter air.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Kolam Renang Artha Tirta yang dikelola Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo telah kembali dibuka untuk umum pada 20 Januari 2024.

Sebelumnya, kolam renang yang berlokasi di Jalan Magelang Kelurahan Baledono Purworejo tersebut sempat ditutup sekitar 1 tahun atau sejak awal 2023 karena adanya kerusakan mesin pompa filter air.

"Kami melakukan perbaikan dan penggantian dua mesin filter dan mesin bawah tanah dengan dana sekitar Rp400 juta, kemudian Sabtu kemarin (20 Januari 2024) sudah mulai dibuka kembali," kata Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pengelolaan Destinasi Pariwisata Dinporapar Purworejo, Agus Budiyanto Selasa (23/1).

BACA JUGA:Rusak Parah, Artha Tirta Purworejo Masih Tutup

Pembukaan kembali salah satu objek wisata favorit masyarakat di Kabupaten Purworejo itu diharapkan mampu meningkatkan antusias pengunjung.

“Sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Purworej,” jelasnya.

Koordinator Loket Arta Tirta, Sugiyanto, menyebut loket dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap hari. Harga tiket masih sama seperti dulu, yakni hari Senin hingga Sabtu Rp5 ribu, sedangkan hari Minggu dan hari libur nasional Rp7.500 per orang.

"Hari Minggu kemarin cukup ramai, ada sekitar 400 lebih pengunjung," sebutnya.

Adapun sarana dan prasarana yang tersedia untuk pengunjung juga kembali diseakan. Antara lain kios kuliner, mini waterboom, tempat duduk, ruang ganti, toilet dan mushola.

"Untuk keamanan kami ada 2 petugas yang berjaga. Namun, bagi anak-anak harus selalu dalam pantauan orang tua," ungkapnya.

BACA JUGA:Menuju Indonesia Emas 2045, Presiden RI Pimpin Apel Bersama Puluhan Ribu Santri

Salah satu pengunjung, Amat Wajir dari Desa Pacekelan Kecamatan Purworejo, mengaku antusias atas dibukanya kembali kolam renang Artha Tirta. Menurutnya, kolam renang menjadi pilihan yang menarik untuk berlibur bersama teman, anak, maupun keluarga karena lokasinya yang dekat dengan kota dan harga tiketnya yang murah.

"Saya tau informasi sudah buka dari teman, cukup bagus sih, bisa buat bermain sama anak dan keluarga," ujarnya.

Beroperasinya kembali Kolam Renang Artha Tirta juga mendapat sambutan positif dari masyarakat, terutama pedagang kaki lima yang berjualan di depan kolam renang. Seperti yang disampaikan oleh Sulastri (61), penjual makanan dan jajanan di lapak warung depan Kolam Renang Artha Tirta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres