Masjid Al-Mahdi Magelang, Keunikan Arsitektur Khas Tionghoa yang Mirip Klenteng!

Masjid Al-Mahdi Magelang, Keunikan Arsitektur Khas Tionghoa yang Mirip Klenteng!

Arsitektur Bangunan Masjid Al-Mahdi Magelang yang Mirip Klenteng-tyosantrimbeling-tangkapan layar instagram

MAGELANGEKSPRES -- Masjid Al-Mahdi di Magelang adalah salah satu bangunan peribadatan dengan keunikan arsitekturnya yang kental dengan sentuhan Tionghoa.

Masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah bagi umat Muslim di sekitarnya, tetapi juga sebuah karya seni arsitektur yang menunjukkan harmoni antara budaya Islam dan Tionghoa.

Artikel ini akan menjelajahi keindahan dan keunikan arsitektur Tionghoa Masjid Al-Mahdi.

Masjid Al-Mahdi berada di kawasan Perumahan Armada Estate, Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Masjid ini menjadi unik karena arsitektur bangunannya yang memadukan percampuran budaya Islam dan Tionghoa di Indonesia.

BACA JUGA:Wisata Religi di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang Megah Replika Dari Masjid Arab!

Arsitektur masjid di Magelang ini mencerminkan sejarah panjang hubungan antara kedua budaya tersebut.

Menciptakan bangunan yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah tetapi juga sebagai penanda keberagaman budaya di Indonesia.

Kehadirannya di Masjid Al-Mahdi tidak hanya sebagai dekorasi, tetapi juga sebagai representasi simbolis dari harapan akan keberuntungan dan keberkahan bagi umat.

Keunikan arsitektur Tionghoa disini tidak hanya terbatas pada elemen eksterior, tetapi juga terpancar dalam desain interior Masjid.

Pilar-pilar elegan dengan, mozaik-mozaik berwarna, dan kaligrafi Arab menciptakan suasana yang memukau dan memanjakan mata sehingga kini keberadannya menjadi destinasi wisata Magelang.

BACA JUGA:Wisata Religi Masjid Agung Kudus, Simbol Akulturasi Budaya Islam dan Hindu

Setiap detail di dalam masjid unik ini dirancang dengan penuh perhatian untuk menciptakan harmoni antara dua budaya yang berbeda.

Masjid dengan dominasi warna merah ini di bangun oleh Ustadz Mahdi seorang mualaf pada 1 Agustus 2016 yang kemudian diresmikan oleh walikota Magelang pada tanggal 9 April 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: