Ratusan Siswa Purworejo Ikuti Pesta Siaga

Ratusan Siswa Purworejo Ikuti Pesta Siaga

TERIMA PENGHARGAAN. Para juara Pesta Siaga Kwarcab Purworejo 2024 menerima penghargaan dalam upacara penutupan di lapangan Desa Golok Kecamatan Banyuurip.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Sebanyak 256 siswa anggota Pramuka perwakilan dari 16 Kwartir Ranting (Kwaran) se-Kabupaten Purworejo bersaing dalam Pesta Siaga Kwarcab Purworejo 2024 di lapangan Desa Golok Kecamatan Banyuurip, Sabtu-Minggu (2-3/3).

Beragam kegiatan menyenangkan yang disiapkan panitia mengajak seluruh peserta untuk menjalaninya secara Gembira, Semangat, Inovatif, dan Terampil (Gesit), sesuai dengan tema yang diangkat.

Pesta Siaga dibuka oleh Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH, dengan simbolis penekanan tombol sirine dan pelepasan burung merpati oleh Ketua Kwarcab Purworejo Wasit Diono SSos.

BACA JUGA:Hendak Tawuran, 5 Pelajar Bersajam Diamankan Polresta Magelang

Secara simbolis, Bupati juga menyematkan tanda peserta kepada perwakilan. Uapacara pembukaan dihadiri para ketua Kwarran, Kamabiran, Korwilcambidik, jajaran Forkopimcam Kecamatan Banyuurip, para peserta dan pendamping, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Sebanyak 256 siswa yang tercatat sebagai peserta berasal dari 16 Barung Putra dan 16 Barung Putri dari 16 Kwarran se-Kabupaten Purworejo. Para peserta ini juga didampingi 32 Pembina Pendamping dan 16 pimpinan kontingen.

Bupati Purworejo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pesta Siaga merupakan wahana bagi Pramuka Siaga untuk menambah persaudaraan, membangun semangat patriotisme, dalam berbagai kegiatan yang kreatif, rekreatif, inovatif dan produktif.

"Melalui kegiatan ini diharapkan lahir generasi unggul yang memiliki karakter positif, kuat, jujur, rela berkorban untuk bangsa dan negara, bertakwa, disiplin dan sportif," katanya.

BACA JUGA:DPRD Soroti Bangkrutnya Bank Purworejo, Jadi Pelajaran dalam Pengelolaan BUMD ke Depan

Sementara Ketua Panitia Pesta Siaga Kwarcab Purworejo, Drs Tamsir Mardi Utomo, menjelaskan bahwa salah satu upaya pencapaian tujuan Gerakan Pramuka adalah dengan penyelenggaraan Pesta Siaga sebagai pertemuan Pramuka Siaga yang berjenjang dari tingkat Ranting, Cabang maupun Daerah.

Kegiatan Pesta Siaga dikemas dalam bentuk yang menarik, menyenangkan dan menantang, sehingga akan menjadikan yang sangat berkesan bagi para Pramuka Siaga sehingga akan menumbuhkan semangat dan rasa cinta terhadap kepramukaan nantinya.

Dalam setiap kegiatannya, Pesta Siaga diarahkan untuk membina Pramuka Siaga menjadi pramuka yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani dan rohani melalui kegiatan yang kreatif, rekreatif, kompetitif dan edukatif.

"Untuk sifat kegiatan Pesta Siaga 2024 mengandung unsur SESOSIF (Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual dan Fisik)," jelasnya.

Dalam lomba Pesta Siaga tingkat Kwarcab yang berlangsung selama dua hari ini, ada beberapa materi  yang dilombakan, yakni pentas Seni Tari Dolalak, tantangan di Taman Ketaqwaan, tantangan di Taman Kerapian Berpakaian, tantangan di Taman Bangga Jawa Tengah, tantangan di Taman Gerak dan Lagu, tantangan di Taman Scouting Skill, tantangan di Taman Fun Bolling, tantangan di Taman Bumbung Kemanusiaan dan tantangan di Taman Kebersihan Lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres