Tekan Inflasi, Kodim Temanggung Gelar Pasar Murah

Tekan Inflasi, Kodim Temanggung Gelar Pasar Murah

PASAR MURAH. Kodim 0706 Temanggung mengelar pasar murah dihalaman Makodim setempat.-Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Komando Distrik Militer (Kodim) 0706 Temanggung, turun tangan membantu pemerintah kabupaten setempat dalam menurunkan inflasi dengan mengelar pasar murah di halaman Makodim setempat Selasa 5 Maret 2024.

"Hari ini kami bekerjasama dengan Bulog cabang Magelang mengelar pasar murah, terutama beras dan sayuran lainnya,"kata Komandan Kodim 0706 Temanggung Letkol Inf Sriyono Selasa kemarin.

Ia mengatakan, dalam pasar murah ini Bulog menyediakan beras program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) sebanyak 5 ton.

BACA JUGA:86.754 KPM di Temanggung Terima Bantuan Beras

"Langkah ini juga sebagai upaya menekan kenaikan harga dipasaran,  Dalam waktu satu jam, beras sebanyak lima ton habis,"terangnya.

Menurutnya, warga di sekitar Makodim bisa mendapatkan beras dengan harga Rp10.900 per kilogram, sedangkan setiap warga hanya bisa mendapatkan satu kemasan dengan berat 5 kilogram.

"Harga sudah paling murah, kualitas berasnya medium," terangnya.

Dikatakan, usai membeli beras warga wajib menyelipkan jarinya ke tinta yang sudah disiapkan, cara ini untuk mengantisipasi adanya warga yang membeli dua atau tiga kali.

"Jatahnya hanya satu kemasan 5 kilogram saja, sebagai tandanya setiap habis membeli beras wajib menyelipkan jari ke tinta,"terangnya.

BACA JUGA:Pasar Murah di Halaman Makaodim Wonosobo, 5 Ton Beras Ludes Terjual

Ia menambahkan, pasar murah ini juga akan digelar oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung, dan OPD lainnya, dengan tujuan untuk menekan harga jual beras dipasaran.

"mensukseskan program pemerintah, menurunkan inflansi, menyediakan pangan beras murah kemudian juga pelayanan terhadap masyarakat menjelang bulan puasa. kita lihat nanti karena kita jadwalnya disini, kemudian besuk di DKPP juga ada, dipemda sekda juga ada hari jumat, jadi kita bergiliran kita lihat situasi bisa juga kita lakukan dibulan puasa juga bisa kita lakukan."jelasnya.

Salah satu warga Sutiyah menuturkan, masyarakat cukup terbantu dengan adanya pasar murah seperti ini, apalagi pasar murah ini bisa digelar lebih sering sebelum ramadhan.

"Harapan kami bisa digelar rutin, ini sudah mendekati ramadhan biasanya harga sembako mahal,"harapnya.(set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres