Polda Jateng Prediksi Arus Mudik Meningkat 4 Persen

Polda Jateng Prediksi Arus Mudik Meningkat 4 Persen

WAWANCARA. Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi saat memberikan keterangan terkait arus mudik lebaran kepada awak media.-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

MERTOYUDAN, MAGELANGEKSPRES - Polda Jawa Tengah memprediksi ada kenaikan jumlah kendaraan dalam arus mudik Lebaran 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi di sela-sela waktunya saat memimpin Gelar Operasional Polda Jateng di Hotel Artos Magelang, Rabu (6/3).

Kapolda mengatakan ada kenaikan arus kendaraan di Jawa Tengah sebesar 4 % dari jumlah 103.000 kendaraan menjadi 201 ribu kendaraan. Arus mudik dimulai pada tanggal 5 April 2024.

BACA JUGA:Hujan Deras Guyur Wonosobo, Bahu Jalan Nasional Longsor

"Karena itulah kami adakan rapat dengan dinas instansi terkait untuk melakukan koordinasi adanya lonjakan kendaraan," ujar Lutfi kepada awak media, kemarin.

Atas kenaikan tersebut pihaknya melakukan rapat awal dengan melibatkan instansi-instansi terkait.

Saat ditanya jika terjadi kemacetan, Kapolda akan membentuk tim urai, pos peninjauan dan menggunaan ETLE Drone sebagai kamera pantau.

"Kami akan melihat titik kemacetan melalui kamera drone yang disiagakan. Selain itu, selain itu Tol Jogja-Solo-Ngawen juga akan digunakan saat arus mudik ini," terangnya.

Memasuki arus mudik Polda Jateng akan melakukan sejumlah kegiatan yaitu operasi keselamatan lalu lintas yang dimulai pada 6-23 Maret 2024. Kemudian operasi pekat yang digunakan untuk menertibkan penyakit masyarakat.

BACA JUGA:OJK Gelar Edukasi Keuangan bagi Masyarakat Umum di Kabupaten Magelang

"Sehingga saat melaksanakan ibadah Ramadan bisa lebih nyaman," katanya.

Sementara untuk distribusi sembako saat arus mudik akan dilakukan pemantauan.

"Kami akan bentuk tim untuk memantau sembako, antisipasi adanya kelangkaan dan penimbunan," tutupnya. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres