Jelang Bedug, Petani Muda di Temanggung Bagi-bagi Sayur

Jelang Bedug, Petani Muda di Temanggung Bagi-bagi Sayur

BAGIKAN. Anggota kelompok tani sedang membagikan sayuran gratis kepada penguna jalan di sekitaran alun-alun Temanggung.-Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG,MAGELANGEKSPRES - Sayuran melimpah, untuk membantu dan mencari berkah,menjadi salah satu alasan bagi petani yang tergabung dalam kelompok tani muda sejahtera Desa Kataan Kecamatan Ngadirejo membagikan sayuran gratis kepada masyarakat saat menjelang bedug buka puasa Selasa kemarin.

Berbagai jenis sayuran langsung dibawa oleh anggota kelompok tani tersebut, dengan dibagikan sayuran ini bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sayuran selama menjalankan ibadah puasa.

"Bukan hanya semata-mata bagi-bagikan saja, harapan kami bisa membantu," tutur Ketua kelompok tani, Anton Budiyono petang kemarin.

BACA JUGA:Ribuan Ekor Tawon di Temanggung Meneror Siswa SD

Setidaknya lanjut Anton, ada  1.700 paket sayuran gratis kepada para pengguna jalan yang melintas di sekitar Alun-alun, sayuran gratis ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama mereka yang bukan petani.

"Karena kita mempunyai wujud syukur kepada Allah SWT yang mana pada tahun ini, meski di hantam cuaca yang sangat ekstrem, tetapi kita masih bisa panen, dan kita bersyukur untuk saling berbagi ke sesama masyarakat di Temanggung," katanya.

Ia mengatakan, sayuran ini merupakan hasil panen dari para petani di kelompok tani, serta beberapa sedekah dari petani di Desa Kataan.

"Dalam setiap paket sayuran ini berisi kobis, sawi, wortel, tomat, bawang merah, bawang putih, dan cabai sret, maupun cabai merah keriting," imbuhnya.

Anton menyampaikan, bakti sosial dengan membagikan sayuran gratis ini telah dilakukan kelompoknya untuk keempat kalinya di bulan Ramadan.

BACA JUGA:Siswa SD Al Kautsar Temanggung Juarai Mathematical Olympiad di Macau

"Kami agendakan setiap tahun bisa melakukan bakti sosial seperti ini, kebetulan saat Ramadan kami sedang panen raya sayuran," katanya.

Kepala Bidang Hortikultura dan Perkebunan, dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Temanggung, Sumarno mengatakan bagi-bagi paket sayuran gratis merupakan partisipasi para petani dalam memenuhi kebutuhan sayur mayur.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan sosial dari kelompok tani ini," katanya.

Di sisi lain, lanjutnya kegiatan ini juga untuk mengenalkan produk pertanian lokal Temanggung, karena selama ini sebenarnya sayur-sayuran di Temanggung juga ada yang datang dari luar daerah, tetapi kali ini, khusus hasil panen dari petani di Temanggung.

"Paling tidak masyarakat yang mendapatkan paket bantuan ini bisa terbantu untuk dimasak ya, satu dua kali masak dimakan bersama keluarga dan tentu saja ini sayuran-sayuran segar yang dihasilkan dari lereng Gunung Sindoro," pungkasnya. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres