Kepadatan Lalin di Wonosobo Diprediksi Meningkat Hingga 8 Persen

Kepadatan Lalin di Wonosobo Diprediksi Meningkat Hingga 8 Persen

WAWANCARA. Kepala Disperkimhub Wonosobo, Agus Susanto saat diwawancarai. -Mohammad Mukarom-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten (Disperkimhub) Wonosobo, Agus Susanto memprediksi, kepadatan lalin pada lebaran 2024 akan meningkat 8 persen, dibanding liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Kalau perbandingan dengan Nataru, kepadatan lalulintas (lalin) akan meningkat 5-8 persen, akan banyak kendaraan keluar dan masuk ke Wonosobo," katanya melalui sambungan telepon, Kamis (4/4).

Agus menerangkan, prediksinya itu berdasarkan dengan analisis melalui traffic counting. Disperkimhub akan memantau, kecenderungan dan trennya akan seperti apa.

BACA JUGA:Senderan Longsor, Jembatan Kaligaluh di Wonosobo Kini Lumpuh

Jika setelah dicek, dan kendaraan pribadi mendominasi, maka dipastikan prediksinya bisa dibenarkan.

"Kita akan pantau mulai aktif sejak Jumat (5/4) besok, jika nanti didominasi kendaraan pribadi, atau kendaraan dengan plat nomor di luar Wonosobo, maka kemungkinan besar prediksi peningkatan kepadatan lalin itu benar," ujarnya.

Seperti yang diketahui, bahwa terdapat beberapa jalan di Wonosobo merupakan jalan penghubung antar kabupaten.

Misalnya, jalur Wonosobo - Temanggung, Wonosobo - Purworejo, Wonosobo - Kebumen, dan Wonosobo - Banjarnegara.

"Kemarin (Nataru), kepadatan jumlah kendaraan yang masuk Wonosobo, dari Banjarnegara 36.000 sekian, dari Purworejo 27.000.Kalau prediksi lebaran kali ini meningkat, dari Banjarnegara kemungkinan tembus 40.000, kalau Purworejo sekitar 29.000 kendaraan," jelas Agus Susanto kepada Wonosobo Ekspres.

BACA JUGA:Jelang Lebaran, Disperkimhub Wonosobo Petakan Beberapa Titik Rawan Macet

Menurutnya, prediksi tersebut dikarenakan beberapa hal yaitu mulai banyaknya destinasi wisata, wahana di wisata, kaya akan seni dan budayanya, serta sebagian besar infrastuktur jalan di Wonosobo dinilai relatif lebih bagus dari sebelumnya.

"Tujuan destinasi ke Wonosobo barangkali meningkat, lalu secara infrastruktur jalan dari seluruh akses penghubung dengan kabupaten lain itu relatif lebih bagus," ungkapnya.

Agus menambahkan, untuk mengantisipasi adanya kemacetan karena padatnya lalin semasa liburan Hari Raya Idul Fitri, Disperkimhub sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Wonosobo dan pihak-pihak terkait lainnya.

"Kita sudah koordinasi. Dan memang sudah diagendakan akan ada pos-pos jaga, khususnya di kawasan rawan macet," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres