108 Calon Paskibraka Purworejo Jalani Tes Kesehatan

108 Calon Paskibraka Purworejo Jalani Tes Kesehatan

TES KESEHATAN. Seratusan pelajar calon Paskibraka Kabupaten Purworejo Tahun 2024 menjalani Tes Kesehatan dan Postur Tubuh di Wisma PKPRI Purworejo.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Seratusan pelajar yang mendaftar sebagai Calon Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Purworejo Tahun 2024 memasuki tahapan Tes Kesehatan dan Postur Tubuh.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Purworejo memfasilitasi tahapan seleksi di Wisma PKPRI Purworejo selama 2 hari, Rabu-Kamis (17-18/4).

Tes diikuti sebanyak 108 calon Paskibraka dengan melibatkan tim seleksi dari unsur TNI, Polri, Badan Kesbangpol Purworejo, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo.

BACA JUGA:Asyik Bermain Togel Online di Pos Ronda, WH Diamankan Polisi Purworejo

Kepala Bidang Kesatuan Bangsa, Bambang Wisnu HIS AP, menyebut tes kesehatan merupakan tahapan ke empat seleksi Paskibraka, usai dilakukan seleksi administrasi, seleksi ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan, dan seleksi intelegensi umum.

Tujuan seleksi kesehatan adalah agar para calon Paskibraka memiliki kondisi kesehatan yang prima dan bisa melaksanakan rangkaian kegiatan dengan baik.

"Hari ini kita melaksanakan tes kesehatan dan postur tubuh bagi calon Paskibraka tahun 2024 yang diikuti oleh 108 peserta. Pada gelombang pertama ini diikuti oleh 54 anak terdiri dari 29 putra dan 25 putri," sebutnya.

Dijelaskan, setelah menjalani tes kesehatan, para peserta juga akan mengikuti seleksi peraturan baris berbaris (PBB), seleksi kesemaptaan dan seleksi kepribadian yang meliputi wawancara, penelusuran minat, bakat, dan penelusuran rekam jejak di media sosial.

BACA JUGA:Idul Fitri Momentum Perkuat Silaturahmi Anggota DPRD Purworejo

"Pada akhir penjaringan, peserta akan diseleksi menjadi sebanyak 30 anak, 5 di antaranya cadangan, tetapi 2 dari cadangan akan dikirimkan ke provinsi," jelasnya.

Sementara dr Budi Susanti dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo menyampaikan, tes diawali dengan ukur tinggi badan dan berat badan yang ideal sesuai juknis yang telah ditentukan oleh BPIP Pusat.

Kemudian dilanjutkan pemeriksaan kesehatan, antara lain tes tekanan darah, visus mata, pemeriksaan gigi, tes urin dan tato.

"Dari hasil pemeriksaan memang beberapa ada yang tidak normal, misalnya ada yang mata minus lebih dari setengah, ada juga yang gigi berlubang, gula darahnya tinggi, tapi secara umum banyak yang normal" terangnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres