Optimis Juara di 2 Cabang Lomba, Kafilah Wonosobo Diharap Bisa Maju MTQ Nasional

Optimis Juara di 2 Cabang Lomba, Kafilah Wonosobo Diharap Bisa Maju MTQ Nasional

MTQ. Peserta MTQ Kabupaten Wonosobo saat menerima piala kejuaraan.-istimewa-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Kementerian Agama (Kemenag) Wonosobo optimis, kontingennya bisa menyebet juara di ajang MTQ Jateng ke-30, melalui 2 cabang lomba, yaitu Cabang Tilawah dan Tartil. Dengan begitu, harapan maju ke tingkat nasional, dapat diwujudkan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Kasi Bimas Islam) Kantor Kemenag setempat, Ahmad Fuadi, setelah dikonfirmasi Wonosobo Ekspres, baru-baru ini.

"Sejauh ini yang saya amati, Wonosobo sering menjuarai lomba-lomba MTQ, di Cabang Tilawah dan Tartil Al Quran. Dulu pernah ada yang maju ke nasional, dan semoga kali ini kita bisa maju lagi," katanya.

BACA JUGA:Berangkat MTQ 2024 di Pati Raya, Kafilah Wonosobo Kirimkan 38 Peserta

Sebagai informasi, Pemerintah Kabupaten Wonosobo telah melepas 38 orang yang akan menjadi delegasi daerah (Rabu, 24/4), dalam ajang MTQ Jateng mulai tanggal 25-29 April 2024, di Pati Raya.

38 orang tersebut merupakan peserta dari berbagai cabang lomba, yang telah disaring melalui MTQ tingkat Kabupaten Wonosobo, pada Maret 2024 lalu.

Mereka dikirim ke Jawa Tengah (Jateng), demi perebutkan tiket maju ke jenjang lomba berikutnya.

"Lomba ini kan berlanjut ya, setelah dulu tingkat kabupaten, sekarang tingkat provinsi. Nah, berikutnya nanti tingkat nasional. Kami terus berdoa supaya harapan kita semua terwujud," ujar Fuadi.

Meski sudah percaya diri bahwa 2 cabang lomba tersebut digadang bisa sumbangkan peluang ke MTQ Nasional, namun dirinya tak menutup kemungkinan, peserta di cabang lomba lainnya juga bisa memiliki kesempatan yang sama.

BACA JUGA:Usai Tutup 3 Bulan, Jalur Pendakian Gunung Prau Kembali Ramai

"Dalam MTQ, Tilawah dan Tartil Al Quran itu kan cabang lomba yang mungkin lebih spektakuler. Tapi kami yakin, 38 orang dari kafilah kami semuanya itu berpotensi menang dan maju ke nasional," terangnya.

Menurut informasinya, MTQ Nasional akan diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Timur. Tepatnya, digelar pada September 2024 mendatang, di dua lokasi. Yaitu di komplek Ibu Kota Nusantara (IKN) dan di Kota Samarinda.

Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Agama RI Nomor 321 Tahun 2024, tentang Penetapan Provinsi Kalimantan Timur sebagai Tempat Penyelenggara MTQ Tingkat Nasional ke-30. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres