Pemkab Wonosobo Berikan Miliaran Dana Hibah ke TNI/Polri untuk Keamanan Pilkada

Pemkab Wonosobo Berikan Miliaran Dana Hibah ke TNI/Polri untuk Keamanan Pilkada

BERSAMA. Penandatanganan NPHD oleh Sekda One Andang (tengah), bersama perwakilan dari Polres dan Korem 072, Jumat (26/4).-istimewa-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - TNI/Polri yang terdiri atas Polres Wonosobo dan Korem 072 Pamungkas menerima dana hibah miliaran rupiah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Tujuannya, untuk pengamanan kegiatan Pilkada, November 2024 mendatang.

Penyerahan uang yang diresmikan dengan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) itu membebankan seluruhnya kepada APBD Wonosobo tahun 2024. Nominalnya, mencapai Rp 2,7 miliar lebih.

Sekretaris Daerah (Sekda) Wonosobo, One Andang Wardoyo menyebut, uang hibah itu diberikan oleh pemerintah kepada TNI/Polri dalam rangka menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

BACA JUGA:Kisi-kisi dan Contoh Soal CAT PPK Pilkada 2024 Terbaru Lengkap dengan Kunci Jawaban

"Tujuan NPHD untuk menyambut Pilkada, juga agar kegiatan KPU dan Bawaslu dalam melaksanakan amanah undang-undang dapat berjalan lancar, sesuai dengan tahapan yang terlaksana, karena semuanya aman," jelasnya saat memberikan sambutan di Pendopo Kabupaten, Jumat (26/4).

Sebagai informasi, dalam naskah NPHD disebutkan bahwa Polres Wonosobo mendapatkan dana hibah sebesar Rp 1,7 miliar rupiah.

Sementara Korem 072 Pamungkas menerima bagiannya hingga Rp 1 miliar lebih.

"Pentingnya peran dan fungsi TNI dan Polri dalam menciptakan keamanan dan ketertiban, oleh karenanya Pemkab mendukung segala program dan terobosan-terobosan TNI dan Polri yang berorientasi pada terwujudnya pranata kehidupan sosial masyarakat kondusif," terang Sekda.

Dirinya berharap, NPHD ini mampu menguatkan komitmen bersama untuk menyambut dan menyukseskan pelaksanaan Pilkada Tahun 2024. Mengawal setiap prosesnya, supaya kegiatan berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

BACA JUGA:Penyelenggaran Pilkada Wonosobo Dianggarkan 44 Miliar Lebih

“Untuk itu, dukungan ini saya harap diikuti dengan penggunaan dan pertanggungjawaban dana hibah yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga mampu memenuhi berbagai kebutuhan dalam penyelenggaraan pengamanan, sekaligus mampu mendorong kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi ini,” pungkasnya. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres