Jumlah Desa Wisata di Temanggung Bertambah 4, Berikut Kekhasannya

Jumlah Desa Wisata di Temanggung Bertambah 4, Berikut Kekhasannya

NIKMATI. Salah satu pengunjung sedang menikmati keindahan alam dari embung Bansari-Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Jumlah desa wisata di Kabupaten Temanggung akan terus bertambah, seiring dengan pengajuan empat desa yang akan menjadi desa rintisan desa wisata kabupaten setempat.

Fungsional Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung, Arbai Nur mengatakan, saat ini sudah ada 28 Desa di Kabupaten Temanggung yang mengantongi surat keputusan (SK) Desa Wisata.

Kemudian dengan diajukannya empat desa lagi maka jumlah desa wisata akan bertambah menjadi 32 desa wisata.

Disebutkan, empat desa yang diajukan sebagai desa rintisan desa wisata yakni Desa Kledung dan Batursari di Kecamatan Jumo serta Desa Giyono dan Gunung Gempol di Kecamatan Jumo.

BACA JUGA:Segarnya Air Kolam Renang Tirto Wening Temanggung dari Kaki Gunung Sindoro!

"Harapan kami ke empat desa ini segera mendapatkan SK Desa wisata, sehingga desa tersebut bisa terus berbenah untuk menarik wisatawan ke Temanggung," katanya, Selasa 7 Mei 2024.

Dijelaskan, setiap desa wisata baik yang sudah mengantongi SK maupun yang baru diajukan, memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri, sehingga kedepan bisa menjadi tempat tujuan wisata yang berkesinambungan.

Salah satunya, terangnya, Desa Gunung Gempol mempunyai keunikan di konservasi. Mereka sudah membuat program perlindungan lingkungan, terutama untuk satwanya dan beberapa satwa itu memang sudah mereka abadikan sebagai satwa yang dilindungi.

"Bahkan kadesnya kemarin sudah membuat peraturan desa yang terkait dengan konservasi dan ini sangat menarik, karena masyarakat juga sudah menjadi sebuah budaya di situ terkait perlindungan lingkungan," katanya.

Di samping itu, katanya, ada kekhasan di Gunung Gempol. Untuk penataan lingkungannya, kalau dari gapura masuk desa itu sudah ada pavingisasi yang tertata dengan rapi dan bersih.

BACA JUGA:Air Terjun Di Tengah Kota, Curug Titang Temanggung Punya Pesona Alam Yang Menarik Untuk Dikunjungi!

"Kita harapkan ini akan menjadi desa wisata yang lain dari pada yang lain. Orang masuk itu konsepnya sudah lingkungan," tuturnya.

Ia menyampaikan, Desa Giyono mempunyai keunggulan di sektor budayanya, dalam hal ini kesenian.

Mereka kaya dan masyarakatnya juga banyak yang menjadi pelaku budaya itu sendiri dan beberapa kali Desa Giyono juga menjadi duta seni ke luar daerah, seperti kemarin di Kabupaten Jember mengikuti festival di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres