Desa di Temanggung ini Memiliki Balai Ternak Baznas, Nilai Bantuan Rp600 Juta

Desa di Temanggung ini Memiliki Balai Ternak Baznas, Nilai Bantuan Rp600 Juta

-TINJAU. Ketua Baznas RI Noor Achmad bersama jajarannya saat sedang meninjau kambing bantuan di Desa Kembangsari Kecamatan Kandangan Senin. (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres) -

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berharap bantuan berupa kambing bisa terus ditumbuhkembangkan, sehingga tujuan pemberian bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat bisa lebih cepat tercapai.

Harapan tersebut disampaikan Ketua Baznas RI Noor Achmad saat meluncurkan Balai Ternak Baznas kepada Kelompok Ternak Berkah Makmur Desa Kembangsari Kecamatan Kandangan, Senin 13 Mei 2024.

Ia mengatakan, pemberian bantuan ternak berupa kambing dengan nilai bantuan Rp600 juta bisa dimanfaatkan oleh anggota kelompok dan kemudian bermanfaat luas kepada masyarakat.

Menurutnya, bantuan yang diberikan saat ini berupa 200 ekor kambing baik jantan maupun betina. Selain itu juga juga digunakan untuk perbaikan kandang kambing.

BACA JUGA:Mengenal Thorim Penjual Jam Antik dan Batu Cincin Selama 20 Tahun di Pasar Kebonpolo

Ia menegaskan, kedepan bantuan kambing ini bisa terus berkembang. Tidak hanya program penggemukan saja. Melainkan bisa dikembangkan untuk perkembangan jumlah kambing.

"Tahun ini jumlahnya 200 kambing. Kedepan bisa lebih dan pengelolaannya bisa semakin lebih baik," harapnya.

Bahkan katanya, modal yang dikucurkan saat ini bisa terus berkembang dan bertambah banyak, jumlah kambing bertambah, jumlah peternaknya juga bertambah.

"Jadi ini sebagai stimulus, kedepan bisa bergulir modalnya bisa terus berkembang," jelasnya.

BACA JUGA:Pengumuman Calon PPK Kota Magelang yang Lolos CAT dan Wawancara Pilkada 2024

Bahkan katanya, jika dikelola dengan baik maka hasilnya juga akan lebih baik, karena perkembangan kambing ini lebih mudah dan lebih cepat.

"Bisa berkembang ke ternak ayam, petelur atau pedaging atau usaha lainnya yang mempunyai peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ketua Kelompok Ternak Berkah Makmur Tunanjat menuturkan, bantuan dari Baznas ini dikelola oleh kelompok ternak. Setidaknya ada 25 anggota yang akan mengelola 225 ekor kambing yang sudah ada.

"Awalnya memang tidak ada peternakan di desa kami, dengan bantuan ini bisa semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena dengan pengelolaan bersama seperti ini akan lebih meringankan," tuturnya.(set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: