Perbanyak Doa di Hari Jumat, Doanya Mustajab

Perbanyak Doa di Hari Jumat, Doanya Mustajab

Perbanyak Doa di Hari Jumat, Doanya Mustajab--

MAGELANG EKSPRES-Hari Jumat adalah hari yang pernah barokah. Maka kita dianjurkan memperbanyak amal kebaikan di hari yang penuh berkah tersebut.

Di antara barokah di hari tersebut, Allah Ta’ala memberi satu waktu utama untuk memanjatkan doa kepada-Nya.  doa di hari Jumat adalah doa yang mustajab atau mudah diijabahi (dikabulkan).

Dalilnya adalah :

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan tentang hari Jumat, lantas beliau bersabda,

فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ ، وَهْوَ قَائِمٌ يُصَلِّى ، يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

“Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

BACA JUGA:3 Amalan Istimewa di Hari Jumat Bisa Jadi Tabungan Pahala di Hari Kiamat

Imam Nawawi rahimahullah dalam Al-Adzkar menyatakan bahwa memperbanyak doa sangat dianjurkan pada sepanjang waktu dari hari Jumat, mulai dari terbit fajar Shubuh hingga tenggelam matahari pada hari Jumat.

Ini agar mendapatkan waktu dikabulkannya doa.

Para ulama telah berbeda pendapat mengenai waktu terkabulnya doa pada hari Jumat.

Ada pendapat yang menyatakan bahwa waktunya adalah antara terbit fajar Shubuh pada hari Jumat hingga terbitnya matahari.

Pendapat kedua menyatakan bahwa waktunya adalah setelah terbit matahari.

Ada juga yang menyatakan waktu tersebut adalah setelah zawal, matahari tergelincir ke barat. Ada pula pendapat yang menyatakan bahwa waktu tersebut adalah setelah Ashar. Ada pula pendapat lainnya.”

Syaikh Dr ‘Abdul ‘Aziz Asy-Syayi’ hafizhahullah berkata ketika menyebutkan perkataan Imam Nawawi di atas dalam status twitternya (@aamshaya),

BACA JUGA:Hari Jumat adalah Hari yang Terbaik, Jangan Lalaikan 3 Amal Sholeh ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: