SMPN 3 Magelang Kenalkan Pramuka Blok bagi Siswa Baru

SMPN 3 Magelang Kenalkan Pramuka Blok bagi Siswa Baru

PRAMUKA. Ketua Gugus Depan Putra SMP Negeri 3 Magelang, Kak Faqih Mu’tashimbillah saat memberikan penjelasan kepada siswa baru SMPN 3 Magelang.-SMP Negeri 3 Magelang-Magelang Ekspres

MAGELANG UTARA, MAGELANGEKSPRES - Usai terselenggara masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) tahun pelajaran 2024/2025, SMP Negeri 3 Magelang lanjut menggelar program Pramuka Blok selama 2 hari.

Ratusan peserta didik kelas 7 serentak mengikuti program tersebut dengan riang, sembari didampingi oleh kakak pembina beserta Dewan Penggalang SMP Negeri 3 Magelang. Selaras dengan tema Pramuka Blok saat ini, “Riang Gembira dan Asyik”, kegiatan berlangsung secara semarak dan berkesan.

Ketua Gugus Depan Putra SMP Negeri 3 Magelang, Kak Faqih Mu’tashimbillah S.Pd. menuturkan, Pramuka Blok kali ini merupakan orientasi yang diberikan kepada peserta didik agar lebih mengenal Pramuka SMP Negeri 3 Magelang.

BACA JUGA:Polres Magelang Kota Sambangin SMPN 3 Magelang, Sosialisasikan Bahaya Narkotika dan Tawuran Pelajar

Kak Faqih menjelaskan, Pramuka SMP Negeri 3 Magelang merupakan satu di antara Gugus Depan terkemuka di Kota Magelang.

Hal tersebut dibuktikan dengan prestasi Pramuka Garuda terbesar di Kota Magelang serta mencetak generasi tangguh dengan prestasi yang menyertainya.

“Dalam Pramuka Blok, peserta akan kami perkenalkan dengan berbagai hal, seperti pengenalan Pramuka, pembina, Dewan Penggalang serta muatan kode kehormatan Pramuka yang bermuara pada berperilaku sesuai Dasa Darma dan Tri Satya. Sepanjang kegiatan tidak ada plonco, bullying, maupun kekerasan lainnya, karena di dalam Pramuka tidak ada kata susah, semua harus senang dan riang. Seperti saat ini kami menggunakan tema Riang Gembira dan Asyik," jelas kak Faqih, Selasa (30/7).

Kak Faqih berharap, sepanjang masa Pramuka Blok berlangsung , adik-adik kelas 7 perlu meningkatkan semangat dan menata niat menjadi sosok yang lebih baik dan berkarakter.

BACA JUGA:Kwarcab Kota Magelang Kukuhkan 92 Pramuka Garuda di SMPN 3 Kota Magelang

“Kakak berharap, adik-adik terus meningkatkan kualitas, tidak hanya dalam bentuk akademik, juga harus diikuti dengan perilaku yang lebih baik. Dapat memposisikan diri di suatu kondisi, bijak dalam berperilaku, baik dalam bertutur kata, lebih disiplin serta menghormati insan yang lebih tua,“ pungkas kak Faqih.

Ketua Gugus Depan Putri, Kak Eka Dwijayanti SPd, turut memberikan semangat dan apresiasi kepada peserta atas keberhasilan diraih menjadi bagian dari SMP Negeri 3 Magelang. Kak Eka turut memberikan dorongan agar peserta terus bersemangat dan menjaga diri dan lingkungan.

“Adik-adik, tetaplah menjadi insan yang baik yang selalu menjaga diri dan lingkungannya. Jaga dirimu, dan teman teman mu dari berbagai keburukan. Kakak berharap tidak ada kekerasan, tidak ada yang sedih, tidak ada yang membully. Dan tolong jaga sekolah ini, karena saat ini, detik ini, SMP Negeri 3 Magelang menjadi milik kalian. Jagalah agar tetap asri, nyaman, dan aman," tegas kak Eka dalam pengumuman.

Kak Eka menjelaskan, upaya konkrit dalam menangani kekerasan dan bullying saat ini menjadi PR dan pemantauan yang akan terus dilakukan. Dalam keseharian, masih didapati berbagai praktik bullying yang tidak disadari, terlebih menjadi pembiasaan di kalangan masyarakat.

BACA JUGA:Perkuat Profil Pelajar Pancasila SMPN 3 Magelang Adakan Gelar Karya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres