Tekan AKI dan AKB, IBI Wonosobo Perkuat Kolaborasi untuk Kemanusiaan

Tekan AKI dan AKB, IBI Wonosobo Perkuat Kolaborasi untuk Kemanusiaan

HUT. Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Wonosobo menggelar acara dialog interaktif bersama Bupati.-Agus Supriyadi-Magelang Ekspres

WONOSOBO,MAGELANGEKSPRES - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Ikatan Bidan Indonesia (IBI), IBI Cabang Wonosobo menggelar acara Dialog interaktif bersama Bupati.

Hari Bidan Nasional merupakan momentum penting untuk menghargai jasa para bidan yang telah memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak di Indonesia. Termasuk menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

"Bidan tidak hanya berperan dalam membantu persalinan, tetapi juga dalam memberikan pendidikan kesehatan, mendukung kesejahteraan keluarga, dan berperan dalam pembangunan masyarakat," ungkap Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat.

BACA JUGA:Tradisi Baritan di Wonosobo, Mengenal Asal Usul Manusia dan Alam Kehidupan

Menurutnya, IBI sebagai wadah bagi profesi bidan yang memiliki peran penting dan strategis dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas di wilayah Kabupaten Wonosobo. Terutama, dalam mendorong anggotanya untuk mendukung kesuksesan pembangunan kesehatan.

"Saya mengajak IBI untuk dapat melakukan kolaborasi pentahelix, yakni dengan jajaran pemerintah, akademisi, masyarakat, dunia usaha, dan media, serta mampu menjadi penggerak dan jembatan bagi pembangunan kesehatan itu sendiri, sehingga mampu membawa perubahan sosial yang signifikan bagi masyarakat," ucap Afif.

Melalui peringatan HUT ke-73 IBI ini, Bupati Afif mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para bidan di Kabupaten Wonosobo, atas kiprah nyata dan kerja kerasnya dalam mewujudkan kesehatan masyarakat, terutama kesehatan ibu, bayi, dan anak.

"Pengabdian dan perjuangan saudara sekalian, dalam menjaga ibu dan anak, adalah cerminan kebesaran hati dan semangat kemanusiaan," imbuh Afif.

BACA JUGA:Wilayah Pesisir Pantai Selatan Purworejo Dihijaukan, Warga Dapat Bantuan 200 Bibit Pohon

Harapannya, IBI sebagai ujung tombak penguatan sistem ketahanan nasional dapat terus semangat dalam menjalankan profesinya.

"Mari jadikan peringatan ini sebagai suntikan semangat untuk terus berkiprah mempersembahkan karya nyata yang berkualitas dan bermanfaat bagi bangsa dan negara. Semoga semakin sukses, maju, sejahtera, berkembang, dan profesional dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat maupun kepada para anggotanya. Bidan sehat, Negara Kuat," pungkasnya. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres