Benarkah Ka’bah Pertama Kali Dibangun oleh Nabi Adam?

Benarkah Ka’bah Pertama Kali Dibangun oleh Nabi Adam?

Benarkah Ka’bah Pertama Kali Dibangun oleh Nabi Adam? --

“Dan (ingatlah), ketika Kami tempatkan Ibrahim di tempat Baitullah (dengan mengatakan), “Janganlah engkau mempersekutukan Aku dengan apa pun dan sucikanlah rumah-Ku bagi orang-orang yang tawaf, dan orang yang beribadah dan orang yang rukuk dan sujud” (QS. Al-Hajj: 26).

Menurut Yulian Purnama, para ulama berbeda pendapat tentang siapa yang pertama kali membangun Ka’bah.

Pendapat pertama mengatakan, yang membangun Ka’bah pertama kali adalah para Malaikat. Ini adalah pendapat Abu Ja’far Al-Baqir.

Pendapat Kedua mengatakan, Nabi Adam ‘alaihissalam. Ini adalah pendapat Atha’, Sa’id bin Musayyab, Ibnul Jauzi, Ibnu Hajar, dan pendapat yang dikuatkan oleh Syaikh Muhammad Amin Asy-Syinqithi.

BACA JUGA:Belajar dari Kesabaran Nabi Ayyub yang Luar Biasa

Pendapat Ketiga mengatakan: Nabi Ibrahim ‘alaihissalam. Ini adalah pendapat Ibnu Taimiyah, Ibnul Qayyim, Ibnu Katsir.

Pendapat Keempat mengatakan: Nabi Syits ‘alaihissalam.

"Pendapat yang kuat adalah pendapat kedua, bahwa Ka’bah pertama kali dibangun oleh Nabi Adam ‘alaihissalam. Karena Allah ta’ala berfirman:

وَعَهِدْنا إِلى إِبْراهِيمَ وَ إِسْماعِيلَ أَنْ طَهِّرا بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَ الْعاكِفِينَ وَ الرُّكَّعِ السُّجُودِ

“Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail, “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, orang yang i’tikaf, orang yang rukuk dan orang yang sujud!”” (QS. Al-Baqarah: 125).

Prof Abdul Karim Al-Khathib mengatakan, “Dalam ayat ini ada isyarat bahwa Ka’bah adalah rumah Allah, sebelum Allah perintahkan Ibrahim dan Ismail untuk membersihkannya dari berhala-berhala” (at-Tafsir al-Qur’ani lil Qur’an, 2/543).

Allah Ta’ala juga berfirman:

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْراهِيمُ الْقَواعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَ إِسْماعِيلُ

“Ketika Ibrahim dan Ismail meninggikan pondasi Ka’bah” (QS. Al-Baqarah: 125).

Kata Prof Abdul Karim Al Khathib, “Penyebutan ditinggikannya pondasi Ka’bah oleh Ibrahim ‘alaihissalam menunjukkan bahwa Ka’bah sudah ada sebelumnya. Namun beliau menyingkapnya kembali, meninggikan pondasinya dan membangun kembali” (at-Tafsir al-Qur’ani lil Qur’an, 2/543).

BACA JUGA:Keistimewaan Telaga Rasulullah yang Tak Dimiliki Nabi yang lain

Demikian juga disebutkan secara lugas di beberapa atsar bahwa Nabi Adam ‘alaihissalam yang membangun Ka’bah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: