Peringatan Hari Pramuka ke-63: Tekankan Peran Pemuda dalam Membangun Bangsa

Peringatan Hari Pramuka ke-63: Tekankan Peran Pemuda dalam Membangun Bangsa

PENGHARGAAN. Sebagai bentuk apresiasi atas dedikasinya, Kwartir Nasional memberikan Penghargaan Lencana Darma Bakti kepada sejumlah pengurus Kwartir Cabang Kota Magelang. -Istimewa-Magelang Ekspres

MAGELANG TENGAH, MAGELANGEKSPRES - Upacara peringatan Hari Pramuka ke-63 yang berlangsung meriah di Alun-alun Kota Magelang menjadi momentum penting untuk menegaskan kembali peran Gerakan Pramuka dalam membentuk generasi muda yang berkualitas.

Acara ini dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai tingkatan, mulai dari Siaga hingga Penegak, serta para Pembina dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Magelang, KH. M. Mansyur, menekankan bahwa peringatan Hari Pramuka bukan sekadar seremonial belaka, melainkan mengandung pesan mendalam tentang pentingnya karakter dan jiwa kepemimpinan bagi generasi muda.

BACA JUGA:International Buddhist Sociopreneur 2024 Capai 300 Peserta dari Berbagai Negara

"Pramuka harus menjadi garda terdepan dalam menjaga nilai-nilai Pancasila dan semangat gotong royong," tegas Kyai Mansyur.

Senada dengan Wakil Walikota, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kyai Mansyur, menyampaikan bahwa tantangan zaman yang semakin kompleks menuntut generasi muda untuk memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi.

"Pramuka telah terbukti mampu mencetak generasi muda yang tangguh dan siap menghadapi masa depan," ujarnya.

Gerakan Pramuka, lanjut Kyai Mansyur, tidak hanya fokus pada pembentukan karakter, tetapi juga memberikan bekal keterampilan hidup yang komprehensif.

"Pramuka mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, dan peduli terhadap sesama," imbuhnya.

BACA JUGA:Jadi Andalan Pecinta Otomotif, Ini Sederet Kemudahan Menggunakan Hyundai Stargazer X

Sebagai bentuk apresiasi atas dedikasinya, Kwartir Nasional memberikan Penghargaan Lencana Darma Bakti kepada sejumlah pengurus Kwartir Cabang Kota Magelang.

Selain itu, sejumlah Pramuka juga menerima penghargaan Eagle Scout Award (ESA) sebagai bentuk pengakuan atas prestasi mereka.

"Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh anggota Pramuka untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa," ujar Kyai Mansyur.

Dalam kesempatan tersebut, seluruh peserta upacara juga turut menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan Hymne Pramuka sebagai bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi oleh Gerakan Pramuka. (imr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres