Warga di Kota Magelang Gelar Tradisi Malam Tirakatan, untuk Mengenang Jasa Pejuang Kemerdekaan

Warga di Kota Magelang Gelar Tradisi Malam Tirakatan, untuk Mengenang Jasa Pejuang Kemerdekaan

Tradisi malam tirakatan digelar oleh warga Kampung Kupatan Kelurahan Kedungsari Kota Magelang-Nur Imron Rosadi-Magelang Ekspres

“Ini momen untuk kita merenung kembali perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Dengan merenung, kita diajak untuk lebih menghargai dan mensyukuri nikmat kemerdekaan yang telah kita nikmati,” ujarnya.

BACA JUGA:Malam Tirakatan Diikuti Pemeluk Lintas Agama


Tradisi malam tirakatan digelar di Kampung Tulung Kota Magelang-Istimewa-Magelang Ekspres

Selain di Kampung Kupatan, tradisi tirakatan ini juga digelar oleh warga di Kampung Tulung, Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah. Ratusan warga dari sebelas RT (dua RW) ini tumpah ruah di sekitar Monumen Perjuangan untuk mengikuti tradisi tirakatan.

Adi, salah satu warga mengatakan jika tradisi tirakatan di kampungnya selalu diadakan sejak puluhan tahun lalu untuk mengenang jasa para pahlawan di malam hari kemerdekaan.

“Apalagi Kampung Tulung menjadi salah satu kampung bersejarah yang menjadi saksi penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia,” ucap Adi.

Selain itu, acara tirakatan ini juga sebagai momen untuk mempererat tali silaturahmi antar warga. 

“Dengan adanya acara tirakatan, warga jadi kumpul semua. Diharapkan juga dapat mempererat silaturahmi, dari yang tidak kenal menjadi kenal, dari yang jauh menjadi dekat,” ucapnya. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: