Puncak HUT RI dan HUT Temanggung, Ratusan Seniman Meriahkan TNC

Puncak HUT RI dan HUT Temanggung, Ratusan Seniman Meriahkan TNC

BERAKSI. Salah satu kelompok kesenian tradisinal Temanggung sedang beraksi di depan panggung utama TNC malam lalu.-SETYO WUWUH-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM - Temanggung Night Carnival (TNC), menjadi puncak perayaan HUT ke-79 RI  dan HUT ke-190 Kabupaten Temanggung.

Ratusan seniman turun gunung memeriahkan TNC yang digelar di sepanjang jalan protokol dan City Walk DPRD Temanggung malam lalu. 

Sejumlah kelompok kesenian daerah asli Temanggung seperti kuda lumping dan sejumlah kesenian lainnya seperti topeng ireng, warokan dan kreasi seni dari sejumlah kelompok kesenian di kabupaten Temanggung.

BACA JUGA:12 Kecamatan di Temanggung Rawan Kekurangan Air Bersih, Mana Saja?

Bahkan kesenian barong sai juga menyedot ribuan masyarakat yang setia menunggu. 

Dalam puncak perayaan tersebut, Pemkab Temanggung mengadakan acara Temanggung Night Carnival (TNC) yang berpusat di jalan raya depan kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu 24 Agustus 2024 malam. 

Pj Bupati Hary Agung Prabowo mengatakan, bahwa tema TNC tahun 2024 ini adalah “creative, sport, economy and culture”. 

“Tadi sudah ditampilkan semuanya, mulai dari budaya, kreatifitas, ekonomi. Ada tembakau, kopi dan sebagainya, yang terakhir adalah olah raga,” ungkapnya. 

BACA JUGA:Aliansi Wonosobo Melawan Unjuk Rasa Kawal Putusan MK Datangi Gedung DPRD

Acara TNC ditutup dengan pesta kembang api yang disaksikan langsung oleh seluruh warga Temanggung, baik yang hadir di lokasi, maupun online. 

Forkopimda mengenakan kostum budaya daerah, seperti yang dijelaskan Pj. Bupati, karena budaya di Kabupaten Temanggung cukup banyak. 

“Budaya daerah di Kabupaten Temanggung itu luar biasa cukup banyak, dan ini salah satu wujud kita untuk melestarikan budaya di Kabupaten Temanggung,” pungkasnya.

BACA JUGA:Murtiwi Arif Sukses Antarkan Dua Anaknya ke Kursi DPRD Kota dan Kabupaten Magelang

Kirman Hadi warga Tembarak menuturkan, TNC menjadi hiburan malam yang sangat ditunggu dan dinanti oleh warga Temanggung, karena TNC sudah lama tidak digelar di Temanggung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres