780 Kader PMR di Wonosobo Ramaikan Jumbara

780 Kader PMR di Wonosobo Ramaikan Jumbara

PMR. Sebanyak 780 Palang Merah Remaja ( PMR) dari semua tingkatan sekolah di Wonosobo berkumpul meramaikan kegiatan Jumbara (Jumpa Bhakti Gembira ) tahun 2024.-Agus Supriyadi-magelang ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM - Sebanyak 780 Palang Merah Remaja ( PMR) dari semua tingkatan sekolah di Wonosob berkumpul meramaikan kegiatan Jumbara (Jumpa Bhakti Gembira ) tahun 2024.

Kegiatan yang dihelat di kompleks MAN 2 Wonosobo tersebut untuk menanamkan misi kemanusiaan sejak dini, utamanya usia pelajar.

"Saya merasa senang dan bahagia. Kegiatan Jumbara (Jumpa, Bakti, Gembira) disambut dengan baik oleh sekolah-sekolah di Kabupaten Wonosobo," ungkap Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat usai membuka acara, belum lama ini.

BACA JUGA:Forkos Wonosobo Diresmikan, Bantu Perkuat Mental Anak

Menurutnya, misi kemanusiaan ini harus ditanamkan sejak dini, terutama melalui kegiatan yang menyenangkan dan menggembirakan agar anak-anak tertarik.

"Kegiatan Jumbara ini merupakan salah satu cara menanamkan semangat kemanusiaan, persatuan, kebangsaan, dan persahabatan," ujarnya.

Dijelaskan, manfaatnya kegiatan PMR sangat besar, terutama dalam menumbuhkan jiwa sosial. Mereka akan dilatih untuk sigap menolong secara benar baik di sekolah, rumah, atau lingkungan sekitar.

Sementara itu, Ketua PMI Wonosobo, Heru Kurniawan Hardiansyah mengatakan, kegiatan Jumbara adalah kegiatan yang melibatkan palang merah remaja  dari tingkat SD sampai SMA atau sederajat. Total pesertanya sekitar 780 orang.

"Kegiatannya ada tiga jenis, yaitu ujian tertulis, kegiatan lapangan, dan pelatihan P3K serta KS. Intinya adalah sosialisasi tentang kesehatan masyarakat," terangnya.

BACA JUGA:Tronton Terguling di Wonosobo, 33 Ton Hebel Hancur

Menurutnya, memberikan pemahaman tentang pentingnya kesehatan dan kemanusiaan penting dilakukan sejak usia pelajar.

Harapannya kegiatan ini dapat membangkitkan rasa kepedulian dan kebersamaan anak-anak yang sebelumnya lebih cenderung individualis.

"Kita bisa terus bersama-sama meningkatkan kepedulian sosial di masa mendatang," pungkasnya. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres