Kotes, Inovasi Diskominfo Permudah Layanan di Internal Pemkab Magelang

Kotes, Inovasi Diskominfo Permudah Layanan di Internal Pemkab Magelang

PELATIHAN. Tim TRC mengikuti bimbingan untuk meningkatkan pelatihan penggunaan aplikasi Kotes, Selasa (10/9).-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

MUNGKID, MAGELANGEKSPRES.COM - Satu inovasi terbaru dari Diskominfo Kabupaten Magelang yakni aplikasi Kotes (Kominfo Technical Support).

Aplikasi ini dirancang khusus untuk memudahkan proses permohonan layanan teknis di lingkungan internal Pemerintah Kabupaten Magelang.

Diskominfo Kabupaten Magelang selalu terus berinovasi memberi pelayanan terbaik, termasuk untuk seluruh perangkat daerah.

BACA JUGA:Percepat Penurunan Stunting, Pemkab Magelang Bentuk Kampung Keluarga Berkualitas Ramah Perempuan Peduli Anak

Kotes dikembangkan oleh tim programmer Diskominfo Kabupaten Magelang dan hanya dapat diakses oleh perangkat daerah dan pemerintah desa setempat.

"Aplikasi digital ini dirancang untuk memudahkan perangkat daerah (PD) dan pemerintah desa (Pemdes) agar lebih mudah mendapatkan layanan dari Diskominfo Kabupaten Magelang, khususnya dalam hal aduan terkait kendala jaringan internet dan peminjaman fasilitas," jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang Budi Daryanto, Rabu (9/9).

Aplikasi ini hadir dengan lima fitur utama yang mendukung kebutuhan teknis berbagai instansi. Peminjaman ruang rapat: Fasilitas untuk memesan ruang Smart Room di lantai 2 Diskominfo Kabupaten Magelang dan CCR (Command Center Room) sesuai kebutuhan.

BACA JUGA:Diskominfo Minta Agen CSIRT Kabupaten Magelang Aktif Laporkan Insiden Siber

Peminjaman platform ZOOM: Pengguna dapat memesan penggunaan platform ZOOM dengan jumlah peserta yang variatif, sesuai kebutuhan acara daring.

Perbaikan jaringan: Layanan untuk melaporkan dan mengajukan permintaan perbaikan jaringan internet, mempercepat respon terhadap gangguan jaringan.

Jaringan baru, pengajuan permohonan penambahan jaringan internet baru bagi PD atau pemerintah desa yang membutuhkan perluasan akses.

Support event, memberikan dukungan teknis berupa peminjaman peralatan seperti kamera, kabel, serta personil teknis untuk mendukung berbagai kegiatan perangkat daerah.

Layanan ini efektif digunakan sejak 1 Januari 2024, hingga awal September 2024 telah digunakan lebih dari 50 admin yang tersebar di seluruh perangkat daerah (PD) dan pemerintah desa di Kabupaten Magelang, serta telah menyelesaikan lebih dari 170 permohonan yang masuk.

BACA JUGA:FGD SPP BPS Kota Magelang: Bahas Pantauan dan Evaluasi Pelayanan Publik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres