Purworejo Tuan Rumah Gelar Desa Wisata Jateng 2024

Purworejo Tuan Rumah Gelar Desa Wisata Jateng 2024

DESA WISATA. Pembukaan Gelar Desa Wisata Jateng 2024 berlangsung di Pendopo Kabupaten Purworejo, Jumat 13 September 2024-Eko Sutopo-magelang ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM — Kabupaten Purworejo terpiliih sebagai tuan rumah Gelar Desa Wisata Jateng 2024.

Selain menampilkan beragam pertunjukan seni dari beberapa Kabupaten/kota di Jawa Tengah, event yang berlangsung pada tanggal 13-15 September 2024 tersebut juga menyuguhkan stand UMKM di sepanjang Jalan RAA Tjokronegoro.

Pembukaan Gelar Desa Wisata Jateng 2024 ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, di Pendopo Kabupaten Purworejo, Jumat 13 September 2024.

Pj Sekda Kabupaten Purworejo, Drs R Achmad Kurniawan Kadir MPA, mengatakan desa wisata Kabupaten Purworejo terus dilaksanakan, meskipun branding Romansa Purworejo 2020 telah berlalu.

BACA JUGA:Fun Football Purworejo, Dosen dan Pegawai PTMA se-Kedu dan DIY Berebut Piala Rektor UMPWR

Hadirnya beberapa proyek strategis nasional yakni Bandara Internasional Yogyakarta, Badan Otorita Borobudur, Bendungan Bener dan jalan tol Cilacap-Yogyakarta, harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Termasuk keberadaan obyek daya tarik wisata maupun agenda event pendukungnya, seperti halnya pertunjukan seni budaya dan pameran UMKM," katanya.

Kabid Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinporapar Purworejo, Agung Pranoto, menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah memberikan kepercayaan kepada Purworejo untuk menjadi tuan rumah Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2024.

“Itu karena Kabupaten Purworejo menjadi pemenang Desa Wisata Jawa Tengah 2023 yang diwakili Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing," jelasnya.

BACA JUGA:Peredaran Rokok Ilegal Makin Marak, Tim Gabungan Sisir Kawasan Perbatasan Purworejo-Kebumen

Disebutkan, ada 18 desa wisata dari kabupaten dan kota di Jawa Tengah dan ada pula desa wisata yang mendapat pendampingan dari Dinporapar Jateng serta destinasi wisata.

“Desa wisata yang ada di Purworejo pun turut serta dalam kegiatan," sebutnya.

Kepala Dinporapar Kabupaten Purworejo, Stefanus Aan Isa Nugroho SSTP MSi, berharap dan mengajak masyarakat Kabupaten Purworejo untuk mengunjungi event Gelar Desa Wisata Jateng ini.

Menurutnya, event tersebut merupakan event langka karena masyarakat bisa melihat potensi wisata yang ada di Jateng dengan sekali kunjungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres