Sediakan Air Minum Paling Aman, Wonosobo Raih Juara Satu

Sediakan Air Minum Paling Aman, Wonosobo Raih Juara Satu

JUARA. Pemerintah Kabupaten Wonosobo bersama dengan Perumda Air Minum Tirta Aji, mendapatkan Juara 1 dalam penghargaan penyediaan air minum aman yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR. -Agus Supriyadi-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM– Pemerintah Kabupaten Wonosobo bersama dengan Perumda Air Minum Tirta Aji, mendapatkan Juara 1 dalam penghargaan penyediaan air minum aman yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR.

Penghargaan ini diberikan pada puncak acara perayaan Hari Habitat dan Hari Kota Sedunia dengan tema global “Engaging Youth to Create a Better Urban Future: Youth Leading Climate and Local Action for Cities” dan dengan tema nasional “Jaga Iklim Jaga Masa Depan”.

Penghargaan ini diberikan dalam rangka peningkatan capaian akses air minum aman nasional sebagaimana diamanatkan dalam RPJMN 2020-2024 dan implementasi Peta Jalan Perluasan Penerapan RPAM  periode 2021-2024, serta pemberian apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang terlah menunjukkan komitmen dan upaya dalam pencapaian akses air minum aman sesuai prinsip 3K (Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas).

BACA JUGA:Polres Wonosobo Sasar Pengendara Ngebut dan Lawan Arus

Hal ini diharapkan dapat menjadi motivasi setiap daerah untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanan air minum aman.

Capaian yang dihasilkan Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo dan Tirta Aji tidak mudah, Wonosobo berhasil mengalahkan 17 pemerintah daerah yang sebelumnya sudah terpilih dari pemerintah kota/kabupaten yang ada di seluruh Indonesia.

Setelah terpilih 17 besar, Kabupaten Wonosobo terpilih kembali masuk ke dalam 6 besar bersama dengan Kabupaten Denpasar, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bandung, Kota Balikpapan dan Kabupaten Kebumen yang kemudian dilakukan verifikasi dan kunjungan lapangan untuk memilih yang terbaik.

Penyerahan penghargaan dilakukan pada acara puncak Hari Habitat dan Hari Kota Sedunia 2024 di Pendopo, Gelanggang Inovasi dan Kreatifitas, Universitas Gadjah mada, Wonosobo menjadi juara satu.

BACA JUGA:Untuk Tingkatkan Prestasi, KONI Wonosobo Mengaku Butuh 8 Miliar

Penghargaan diterima langsung oleh PLT Bupati Wonosobo Muhammad Albar
Plt Bupati, Gus Albar mengatakan bahwa prestasi juara satu tersebut tidak lepas dari komitmen pemkab dan kerja keras dari semua pihak terutama Perumda Tirta aji dalam memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

"Prestasi ini menunjukkan kinerja baik dari pemkab dan Tirta aji kepada masyarakat," ungkapnya.

Menurutnya, penghargaan tersebut juga akan memacu pelayanan yang lebih baik lagi, dalam menyediakan air yang aman bagi masyarakat.

"Tugas selanjutnya akan semakin berat, apalagi dengan kondisi lingkungan saat ini, telah terjadi perubahan alam," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Tirta Aji, Muchammad Sjahid, menambahkan prestasi juara satu nasional dalam menyediakan air minum yang aman tersebut didapat melalui proses penilaian yang panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres