Sendrariya Bangun Borobudur, Komitmen Kolaborasi Antara Pedagang dan Pemkab Magelang

Sendrariya Bangun Borobudur, Komitmen Kolaborasi Antara Pedagang dan Pemkab Magelang

PENTAS. Sanggar Seni Tirta Kedhaton saat tampil dalam Sendrariya Bangun Borobudur,-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

BOROBUDUR, MAGELANGEKSPRES.COM - Pertunjukan sendra tari dan wayang kulit sukses memberikan hiburan bagi warga Borobudur, Kabupaten Magelang, Minggu (26/10) malam. Pentas ini digelar sebagai ungkapan rasa sukur para pedagang yang kini bisa menempati Pasar seni Borobudur.

Pertujukan seni bertajuk "Sendrariya Bangun Borobudur" ini mengambil lokasi di Amphiteather di Museum dan Kampung Seni Borobudur.

Adapun kesenian yang ditampilkan adalah Sanggar Seni Tirta Kedhaton. Termasuk penampilan penyanyi religi, Wafiq Azizah, dan puncaknya adalah Pentas Wayang Kulit dengan dalang Ki Hari Dharmowijoyo.

BACA JUGA:Puncak Kirab Maskot Si Randu, Ribuan Warga Ramaikan Jalan Sehat di Magelang

Sub Koordinator Kesenian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Budi Santoso mengatakan adanya Pasar Seni Borobudur merupakan kebanggaan masyarakat Magelang khususnya di sekitar Borobudur.

"Kami dari Pemprov Jateng turun ikut membantu dan memeriahkan kesyukuran para pedagang dengan menampilkan sendratari Borobudur ini," katanya.

Ke depan, ia berharap bisa berkolaborasi dengan masyarakat, pemerintah, seniman, dan lainnya sehingga tujuan adanya superprioritas Borobudur bisa terwujud.

"Kompleks seni ini kita dorong bersama-sama. Ini kita harus majukan dan untuk mewujudkannya, kita harus bergotong-royong bersinergi," ucapnya.

BACA JUGA:Borobudur Dipacu Jadi Wisata Religi Umat Buddha Indonesia dan Dunia

Sementara itu, Pj Bupati Magelang, Sepyo Achanto menambahkan kegiatan pentas seni itu menjadi titik awal yang baik untuk kolaborasi demi kemajuan Borobudur.

"Ke depan harus seperti ini, harus terus berlanjut, perlu inovasi, membuat kegiatan-kegiatan ini dan terus berjalan. Pasar Seni ini adalah rangkaian dari Candi Borobudur termasuk event-event yang sudah ada dan yang akan diadakan," katanya.

Dia menyebut, saat ini sudah ada banyak agenda kegiatan di Borobudur seperti Waisak, Borobudur Marathon, Borobudur Playon dan lainnya.

Dirinya berharap Pasar Seni bisa terus konsisten menggelar agenda-agenda seni dengan melibatkan stakeholders terkait lainnya.

"Dengan agenda yang ada di Borobudur ini, nanti Pasar Seni ini juga dibuat agenda-agenda yang saling beririsan dengan jadwal yang sudah ada. Tentunya harapan kita semua dengan banyaknya pengunjung yang hadir selain untuk beriwisata reguler ke Candi Borobudur, juga akan mengerakkan potensi-potensi wisata di Kabupaten Magelang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres