DPRD Purworejo Berusia 76 Tahun, Peringatan Hari Jadi Angkat Tema

DPRD Purworejo Berusia 76 Tahun, Peringatan Hari Jadi Angkat Tema

HARI JADI DPRD. Hari Jadi ke-76 DPRD Purworejo diperingati dengan menggelar Rapat Paripurna di Gedung DPRD setempat, Senin (28/10)-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo tepat berusia 76 tahun pada 27 Oktober 2024. Tema "Amanah Baru, Semangat Baru" diangkat sebagai simbol spirit mengawali kinerja bagi seluruh anggota DPRD masa jabatan tahun 2024-2029.

Hari Jadi ke-76 diperingati dengan menggelar Rapat Paripurna di Gedung DPRD Purworejo, Senin (28/10). Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD, Tunaryo, bersama para Wakil Ketua, dan diikuti seluruh  anggota.

Hadir Pjs Bupati Purworejo Endi Faiz Effendi bersama jajaran Forkopimda, para kepala OPD, pimpinan lembaga, Perumda, serta organisasi terkait.

BACA JUGA:Sah! Tunaryo Nahkodai DPRD Purworejo Periode 2024-2029, Satu Kursi Wakil Ketua Masih Diusulkan

Tunaryo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Hari Jadi ke-76 DPRD yang diperingati tahun ini merupakan kali keempat guna melaksanakan amanah Keputusan DPRD Kabupaten Purworejo Nomor: 160.18/37 Tahun 2020 Tentang Hari Jadi DPRD Kabupaten Purworejo.

Pihaknya mengajak agar Hari Jadi DPRD diperingati setiap tahun tidak hanya menjadi agenda seremoni, melainkan dapat menjadi momentum untuk melakukan evaluasi dan refleksi komitmen terhadap daerah dan masyarakat.

“Kita wajib bersyukur dengan menjadikan Hari Jadi DPRD sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan lembaga wakil rakyat ini dengan karya dan prestasi, kerja produktif, demi meraih cita cita dan harapan masa depan Kabupaten Purworejo yang lebih baik,” katanya.

BACA JUGA:Masa Jabatan Anggota DPRD Purworejo Periode 2019-2024 Habis, Pelaksanaan Tiga Fungsi DPRD Dinilai Baik

Diungkapkan, pada hari jadi ke-76 ini diusung tema “Amanah Baru, Semangat Baru”. Tema tersebut mengandung makna bahwa amanah merupakan sesuatu yang sangat penting untuk menunjang semangat dalam mengemban tugas.

Lebih lanjut disampaikan bahwa anggota legislatif yang baru dilantik pada tanggal 14 Agustus 2024 merupakan hasil dari proses Pemilu yang demokratis.

Hasil Pemilu yang merupakan perwujudan dari kedaulatan rakyat tersebut menjadi tanggung jawab konstitusional untuk dapat melaksanakan melalui fungsi legislasi, fungsi anggaran, fungsi pengawasan, serta memperjuangkan aspirasi rakyat.

“DPRD diharapkan dapat ikut mewujudkan tujuan bernegara kita, yaitu melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” ungkapnya.

Peringatan Hari Jadi ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua DPRD dan diberikan kepada Pjs Bupati Purworejo. Dalam kesempatan itu juga dibacakan Sejarah Singkat DPRD Kabupaten Purworejo oleh  anggota DPRD, Rujiyanto.

BACA JUGA:DPRD Purworejo Minta Pembangunan Jangka Panjang Harus Terintegrasi PSN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres