Seluruh Produk UMKM Kota Magelang Ada di Tokopedia

Rabu 01-12-2021,09:15 WIB
Editor : ME

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Tak lama lagi hasil produk UMKM di Kota Magelang akan terpampang di marketplace raksasa Tokopedia. Itu setelah Pemkot Magelang dan Tokopedia sepakat mengadakan kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan di Pendopo Pengabdian, Selasa (30/11). Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz berharap, kerja sama dengan marketplace Tokopedia akan mampu meningkatkan pendapatan pelaku usaha kecil di wilayahnya. Pasalnya, kuliner dan barang-barang dari Kota Magelang bisa dipasarkan ke luar kota secara daring sehingga dapat menjangkau hingga ke pelosok negeri. “Tokopedia merupakan marketplace yang luar biasa, sehingga produk unggulan kita bisa dikenal luas bila tersedia di sana,” kata Aziz. Dia menjelaskan, beragam produk bisa dipasarkan di Tokopedia. Oleh karena itu, ia meminta agar seluruh pelaku UMKM mampu menangkap peluang emas ini. “Yang istimewa, tidak hanya penjualan produk saja, tapi juga pelayanan publik kita bisa lewat Tokopedia, yakni pembayaran PBB-P2. Harapannya jenis pembayaran lain juga bisa lewat platform ini, seperti pelayanan perizinan dan sebagainya,” katanya. Sementara itu, Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan menyebutkan jika Kota Magelang memiliki potensi yang besar untuk menyasar pasar digital. Pihaknya pun komitman membantu UMKM lokal untuk naik kelas. “UMKM tidak hanya menjadi raja di kotanya sendiri, tapi juga di luar daerah. Dengan kerja sama ini kami harap UMKM di Kota Magelang bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan dan menjadi raja,” tuturnya. Tidak hanya promosi, bentuk kerja sama ini juga merealisasikan program pelatihan bagi pelaku UMKM. Pelatihan, katanya, mampu menjadi sarana meningkatkan penjualan, sekaligus kontrol produk UMKM tetap berkualitas. Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang, Suryantoro sebagai leading sector kerja sama ini mengaku, bergandengan tangan dengan Tokopedia merupakan kesempatan emas bagi UMKM dalam meningkatkan bisnisnya. Tidak hanya memperluas pasar, tapi juga meningkatkan kualitas. “Tak kalah penting, kita bisa bayar PBB-P2 lewat Tokopedia. Ini langkah yang luar biasa, sehingga diharapkan dapat mendukung peningkatan realisasi capaian PBB-P2 di tahun-tahun berikutnya, karena masyarakat makin dimudahkan akses pembayarannya,” ungkapnya. (wid)

Tags :
Kategori :

Terkait